Sop Buah (Fruits soup)



Ketika tanpa sengaja menemukan air kelapa di Asian shop, saya tanpa sadar teriak kegirangan...untung saja penjaga toko gak ngerti arti teriakan saya :D
Yang kebayang saat itu adalah kue apang atau apem dan sup buah/koktail buah. Tapi berhubung hari ini tepar karena setengah hari bersama suami dan anak-anak dihabiskan di IKEA belanja buat keperluan rumah..luarbiasa terasa dehidrasi banget, sehingga saya putuskan untuk membuat sop buah saja. Next time, saya mau buat apem atau kue apang..hmm..sudah kebayang rasanya :D

Air kelapa yang dijual di toko tersebut, ada yg kemasan botol bening dan kemasan kaleng. Bedanya yang kemasan botol hanya air kelapa saja, sedangkan yang kemasan kaleng ada butiran kelapa mudanya dan harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan yang kemasan botol bening. Tapi bersyukur banget, kerinduan akan air kelapa terobati, dan tak perlu bingung lagi jika membutuhkan air kelapa untuk bikin kue tradisional Indonesia.

Bahan
100 gr buah anggur (saya pake yang hijau), belah dua jika ukurannya cukup besar, jika kecil biarkan utuh
100 gr strawberry (belah dua)
100 gr melon (potong kotak)
100 gr cerry (buang biji dan belah dua)
1 buah apel uk. sedang (kupas, buang bagian tengah dan biji, potong-potong dadu)
100 ml sirup gula
1 kaleng (lk. 250-300 ml) air kelapa 
Susu kental manis secukupnya
Es batu (secukupnya)

Cara Membuat
1. Campur semua buah-buahan didalam mangkok agak besar
2. Campur sirup gula, susu kental manis dan air kelapa, aduk rata.
3. Tuangkan kedalam campuran buah, aduk rata.
4. Dinginkan dikulkas sampai dingin
5. Sajikan dingin, tambahkan 1 bongkah kecil es batu.


Popular Posts