Selai Strawberri


Musim panas selalu menyenangkan dalam banyak hal, cuaca yang indah dan hangat sehingga saat yang tepat untuk keluar keliling jalan-jalan membawa anak-anak meski hanya disekitar rumah saja. Saatnya untuk makan malam dihalaman rumah dengan menu BBQ yang simpel dan enak. 

Buah-buahan tropispun berlimpah dan biasanya tentu dengan harga yang murah. Salah satunya strawberry, wahhh...hampir setiap minggu saya selalu membeli, karena putri kecil saya suka sekali dengan buah yang satu ini. Biasanya dia makan fresh begitu saja, cukup ditaburi sedikit gula halus. Jenis trawberry yang paling bagus karena rasanya manis dan warnanya merah merekah disini biasanya yang lokal atau produk asli Swedia sini...hmmmm....gak akan tahan untuk tidak membeli. Apalagi bebebrapa hari lalu, disale separuh harga perkotak (500 gr), ya sudah saya langsung beli 4 kotak sekaligus. 

Saat-saat seperti ini sangat pas untuk nyetok selai strawberri..buat persiapan memasuki musim dingin nanti, dimana harga strawberry tentu sudah sangat mahal dan produk yang ada dipasaranpun merupakan produk luar alias impor dengan rasa dan warna tidaklah sebagus produk lokal.
Jadilah ini salah satu kegiatan rutin saya saat musim panas . Selai strawberry! Selain memanfaatkan strawberri yang berlimpah dipasaran dengan harga murah, sebetulnya juga, saya tidak terlalu suka dengan produk selai strawberri yang dijual dipasaran....karena tentu rasanya beda, terlalu manis dan diberi pektin yang membuat teksturnya bergumpal begitu. Ahh...banyak alasan...gak juga, selain homemade selai strawberri tentu gak pake pengawet.....so lebih sehat pastinya dengan rasa manis yang bisa kita adjust sesuai dengan selera kita.

Cara membuatnya ? super gampang dan dengan bahan yang diperlukan cukup hanya 3 macam saja.

Bahan
Strawberri : 2 kotak (1 kg) --- hasilnya 1 botol selai lk. 300 gr
Gula (sesuaikan dengan selera saja, jika suka manis bisa ditambahkan)
Lemon (1 buah ukuran besar, ambil airnya)


Cara Membuat 
1. Blender strawberry, silahkan mau halus banget atau setengah halus juga boleh,
    karena terkadang trawberrynya hanya saya cincang kasar atau saya masukkan FP, 
    nyalakan beberapa detik saja. Nanti selainya tidak terlalu halus, masih ada irisan kasar strawberrynya :)
2. Masukkan ke panci, beri perasan air jeruk lemon. Aduk rata.
3. Masak menggunakan api sedang, sembari diaduk-aduk
4. Jika sudah mengental, kecilkan api pada level rendah dan masukkan gula
5. Masak terus sampai didapat adonan selai yang kental.
6. Angkat dan dinginkan.
7. Jika sudah benar2 dingin, masukkan ke botol kering dan bersih, tutup rapat dan simpan dilemari pendingin.
8. Bisa dipakai untuk olesan roti panggang, cake, kuker, dll.
9. Selamat mencoba :)


Popular Posts