Rendang Tempe


Tempe.....makanan khas Indonesia yang sangat digemari hampir seluruh penduduk dan bahkan sudah merambah kedunia luar dengan sangat baik. Tua, muda, besar kecil...dimasak apapun selalu enak dan disajikan kapan saja pun juga tidak masalah. 


Ketika ke toko Asian beberapa waktu lalu, saya seperti kalap menemukan banyak stok tempe yang dijual disana. Jadilah saya ambil banyak, karena agak sulit menemukan tempe akhir-akhir ini, selain karena saya tinggal dikota kecil, juga ketika datang ke kota besar ini, saya selalu kehabisan stok. Kali ini saya tanpa fikir panjang langsung ambil banyak, gak tanggung-tanggung 6 papan @400 gram..hahaha....:p
Saya fikir, bisa saya masukkan ke freezer jika tidak habis. Dalam benak sudah terbayang : kering tempe, tempe mendoan, tempe sambel petis, rendang tempe, perkedel tempe, dan lain sebagainya. 

Alhamdulillah satu-persatu saya realisasikan, dan hari ini, saya masak rendang bola tempe. Meski memakan sedikit waktu dan agak ribet membuat bola-bola tempe, tapi hasilnya sebandinglah dengan hasilnya. Tampak sedikit nyeleneh, rendang biasanya untuk ayam atau daging, tapi saya pakai tempe....:D

Diadaptasi dari : Sajian Sedap

Porsi : 8

Bahan Bola-bola tempe :
300-400 gram tempe (kukus, lalu haluskan)
100 gram tepung terigu
1 butir telur, dikocok lepas
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh ketumbar bubuk


Bahan Kuah :
2 kaleng santan kental @400 ml (+ lk 250 ml air matang)
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 lembar daun jeruk
1 1/2 sdm air asam jawa

1 sendok teh merica bubuk
1 sendok makan ketumbar bubuk
1 1/2 sendok makan garam
1 sendok makan gula pasir


Bumbu Halus:
2 sdt cabe bubuk (boleh pake cabe segar yang dihaluskan, takaran sesuaikan selera)
2 bh bawang merah besar atau 12 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
3 butir kemiri, disangrai
2 cm lengkuas, dimemarkan


Cara membuat

  1. Bola-bola tempe, aduk rata tempe, tepung terigu, telur, garam, merica, dan ketumbar bubuk. Bulatkan sebesar bakso. Goreng hingga berkulit. Sisihkan.

2. Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan serai, daun jeruk dan sisa bumbu lainnya, aduk rata.
3. Masukkan santan dan air, didihkan.
4. Jika sudah mendidih, turunkan api pada level sedang, masak (jangan ditutup panci/wajanya)
    sampai mengental. Sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
5. Masukkan bola-bola tempe.Aduk rata dengan hati-hati.


  6. Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai berminyak dan kering.



Comments

Popular Posts