Sayur Buncis udang pedas




Resep dasar saya dapatkan dari sajian sedap, hanya ada bbrp bumbu yang saya skip seperti cabe rawit karena saya pakai cabe bubuk kr gak punya stok cabe merah segar di dapur, ebi juga saya ganti dengan terasi. Pemakaian santan juga saya kurangi dan saya ganti dengan susu segar/susu evaporated.

Untuk takaran saya pakai feeling saja..hehehe.....

Selamat mencoba :)

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
150 gram udang, dikupas
100 gram buncis, dipotong serong
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, dimemarkan
3 1/2 sendok teh garam
2 sendok teh gula merah sisir
1/2 kaleng santan (lk. 100 ml)
50 ml susu cair tawar
2 sendok makan minyak olive untuk menumis

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri, disangrai
2 sdt cabe bubuk (atau sesuai selera, pakai fresh chili lebih baik)
1 sendok terasi, disangrai


Cara Pengolahan :
  1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus,  daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai harum. Tambahkan udang. Aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan santan, susu cair, garam, dan gula merah. Masak sampai mendidih. Tambahkan buncis. Masak sampai matang.


Comments

Popular Posts