Pakora

 

Bakwannya orang Asia Selatan nih.....jenis gorengan yang sangat populer disana. Biasanya disajikan sebagai snack bersama chae, persis seperti kita menyajikan bakwan. Hanya saja pendampingnya biasanya dengan saus imli (saus dari asam jawa) atau saus mint atau saus yogurt (raita). Kalo makan bakwan kan sambil ngentus cabe rawit ijo..huaaaaahhh mantep! :D

Jenis sayuran yang dipakai untuk pakora banyak dan beragam, bergantung selera dan stok yang ada di kulkas. Wortel, kentang, kancang panjang, bawang bombay, spinat/bayam, dsbnya. 


Ini yang saya buat saya pake spinat/bayam wong londo hehe...kenapa? karena saya sukaaaaaa banget dengan sayuran yang satu ini. 

Oh ya, pakora menggunakan tepung khusus yang namanya tepung besan yaitu tepung yang terbuat dari cheakpeas (tepung cheakpeas). Sehingga warna adonan nantinya sudah kuning keemasan tanpa harus ditambahi kunyit bubuk.

Saya sebetulnya kurang suka dengan jenis gorengan ini...haha, kalo bakwan aseli Indonesia jangan tanya, satu piring saya habiskan sendirian juga gak nolak hehe...
Saya bikin pakora ini kemarin karena request suami yang pengen berbuka puasa dengan gorengan asli negaranya sana, ya marii......dengan senang hati saya buatkan.

Dan setelah jadi, suami bilang pakoranya delicious! 

Takaran seperti biasa ini saya kira-kira saja. 

Bahan
lk. 200 gr tepung besan
150 gr spinat (cuci bersih dan tiriskan lalu potong-potong, kalo pake baby spiat gak perlu dipotong)
2 buah bawnag bombay uk. sedang (cincang)
1 sdm pakora masala
1 sdm parutan bawnag putih dan jahe
1/2 sdt cabe bubuk
1 sdm kasori methi (fenugreek kering)
Garam
Sejumput gula (ini biar rasanya lebih gurih, resep asli gak ada gulanya hehe...)
sejumput baking soda
Air
Minyak untuk deep frying



Cara Membuat
1. Campur tepung dengan bumbu, aduk rata.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk rata. Adonan yang saya buat kental saja.
3. Masukkan sayuran, aduk rata.
4. Panaskan minyak untuk deep frying menggunakan api sedang saja.
5. Setelah minyak benar-benar panas, masukkan adonan pakora sesendok demi sesendok. 
6. Goreng sampai coklat keemasan dikedua sisinya.
7. Angkat dan gulingkan diatas tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak.
8. Sajikan segera/hangat.


Popular Posts