Nastar Keju ala Ny. Liem




Masih edisi cookies lebaran nih pemirsa...:D

Kali ini baking cookies favorit saya pribadi, karena orang rumah dan tamu-tamu juga tidak terlalu suka dengan jenis cookies ini. Malah senang saya karena bearti tidak ada saingan, cookies ini bisa saya monopoli sendirian..hehe...:p

Biasanya saya bikin nastar klasik, nah kali ini saya pengen nyobain nastar keju ala Ny. Liem yang sangat terkenal itu. Saya penasaran pengen nyobain. 


Tampilan nastar keju saya tidak secantik tampilan yang banyak sliweran diinternet atau facebook. Karena keju taburan diatasnya meleleh, padahal saya pake keju cheddar lho seperti yang ditulis diresep. Memang jujur saya akui ilmu tentang perkejuan saya harus ditingkatkan ini, karena disini ada banyak macem keju dari yang berbentuk krim aja sudah banyak jenisnya, apalagi yang setengah keras, yang agak keras, sangat keras. Pun begitu dengan baunya..ada yg baunya harum sampe ada juga yang baunya kayak bau (maaf) pesing hihihi......

Saya hanya tahu beberapa jenis keju saja, dan kebetulan kalo beli juga paling cream cheese, edam, cheddar, Gouda, yang biasanya kami butuhkan untuk sandwich sarapan atau bikin cake. Padahal jenis edam dan cheddar juga ada beberapa. Begitu juga ketika beli keju untuk bikin cookies ini, saya ambil cheddar yang biasa saya beli. Ternyata mungkin kurang tua sehingga saat dipanggang meleleh.

Tapi rasanya memang enak banget ini nastar...belum tahu komentar yang lain karena mereka belum nyobain.

Sumber resep saya nyontek dari blognya  Mba Nina (terima kasih mba, saya suka dengan resep-resepnya :) dan tentu terima kasih untuk Ny. Liem yang sudah bersedia membagi resep-resepnya, semoga menjadi ladang amal bagi beliau, aamiin.



Bahan

Bahan A
100 gr mentega (suhu ruang)
50 gr margarin (suhu ruang)
2 butir kuning telur (suhu ruang)
1 butir putih telur (suhu ruang)

Bahan B
150 gr keju edam 

Bahan C (Ayak jadi satu)
2 sdm susu bubuk
300 gr tepung protein rendah (khusus untuk cookies)

Isian
Homemade selai nanas (resepnya bisa dilihat disini : Homemade selai nanas )

Olesan
2 butir kuning telur + 1 sdt susu cair tawar (kocok rata)

Taburan
Keju cheddar parut kasar


Cara membuat
1. Nyalakan oven 140 C. Atur rak pada bagian tengah oven.
2. Campurkan semua bahan A dan kocok sampai putih dan mengembang.
3. Masukkan bahan B, aduk rata (menggunakan spatula).
4. Tambahkan bahan C sedikit demi sedikit, aduk rata.
5. Ambil sedikit adonan, isi dengan bahan isian (selai nanas), tutup dan bentuk bulat atau sesuai selera. Tata di baking tray yang dialas baking paper.
6. Panggang lk. 30 menit.
7. Ambil dari oven, olesi dengan bahan olesan, lalu taburi dengan keju parut.
8. Panggang kembali sampai matang atau berwarna kuning keemasan.
9. Angkat dan dinginkan.
10. Jika sudha benar-benar dingin, masukkan ke dalam wadah kedap udara dan siap disajikan.

Comments

Popular Posts