Fish Biryani (Biryani Ikan)



Ikan merupakan salah satu menu protein yang sangat aku sukai. Saya ingat sejak kecil dirumah kami, ibu hampir tiap hari menyajikan menu ikan laut. Selain karena harganya murah (saya berasal dari kota dimana produksi ikan laut cukup melimpah) dan hampir sebagian besar jajanan orang sana berasal dari ikan. Meski sejak kecil saya terkena alergi seafood, tapi itu tidak menyurutkan saya untuk tetap makan seafood padahal alergi saya parah banget. Kalau sedang kumat bisa bonyok semua jari jemari kaki dan tangan saya. Hampir semua jari saya sudah ganti kuku dan kulit entah berapa kali dna entah berapa banyak duit yang dihabiskan ortu untuk mengobati eksim akibat alergi saya. Sampai akhirnya saya bertemu dengan seorang dokter yang menyarankan saya untuk memilih dua opsi yaitu berhenti samasekali makan seafood atau membiasakan tubuh saya dengan itu secara pelan-pelan. Saat itu saya memilih pilihan kedua, karena pilihan pertama terlalu berat dan tidak mungkin saya hindari. 
Pelan saya tetep makan seafood, begitu kumat saya pergi ke Dokter dan dikasih obat. Pak dokter udah faham dan dia cuman senyum ketika tahu saya datang. Terus begitu...makan ketika kumat ya minum obat. Alhamdulillah setelah beberapa tahun ternyata tingkat keparahan (bahasanya hikss) alergi saya semakin menurun. Kalau dulu ketika kumat jari jemari saya sampe bonyok, maka saat itu gak sampe segitunya...hanya gatal dna gak enak dilihat saja.

Alhamdulillah sekarang saya sudah free dari alergi seafood dan saya bisa makan sepuasnya hehe...

Kembali kemasalah ikan...halah kok sampe ngelantur kemana-mana yak ? :D

Rasanya bagi pecinta kuliner Indiaee pasti kenal dan sudah mencicipi yang namanya nasi biryani, saya nyebutnya cuman biryani saja karena biryani pastilah nasi hehe.....

Biryani yang populer ya ayam atau daging (baik kambing maupun daging sapi). Nah kali ini saya menuliskan biryani ikan..hmmmm....ternyata gak kalah makyus lho? apalagi bagi pecinta ikan. Jenis ikannya bis apake ikan apa saja. Kebetulan yang saya sajikan ini jenis ikan air tawar, pangasius namanya. 

Untuk hasil terbaik memang sebaiknya menggunakan beras khusus biryani yaitu beras basmati, karena kalo pake beras thai atau jenis beras yang biasa kita konsumsi, kurangi sedikit takaran air dan setelah masak, diamkan dulu di kulkas semalaman. seperti ketika kita bikin nasi goreng. Meski saya belum pernah mencoba masak biryani menggunakan beras ini, tapi mungkin tips ini bisa membantu apabila sulit mendapatkan beras basmati.

Oke dech yuk mari kita lihat gimana cara membuat fish biryani.

Refersnsi adan sumber resep : Khanapakana

Seperti biasa resep sudah saya modifikasi sesuai selera saya hehe....

Bahan
2 1/2 cup beras basmati (rendam satu atau dua jam)
1 kg ikan (dengan atau tanpa tulang)
1 cup Yogurt 
Minyak goreng atau minyak zaitun
4 buah bawang bombay (cincang kasar)
2 buah jeruk lemon (ambil airnya)
Daun mint (banyak, lk. 2 cup n cincang kasar)
1/2 cup susu cair tawar
1 sdt Kunyit bubuk
1 sdt all spices
2 sdm biryani masala (siap beli)
1 sdm jahe parut
1 sdm bawang putih parut
2 sdm ketumbar bubuk
Garam

Cara Membuat

Ikan
1. Potong-potong ikan, cuci bersih. beri perasan air jeruk nipis dan garam. Diamkan 30 menit. 
    Kalo sudah cuci bersih dan sisihkan. Ini untuk menghilangkan bau dan rasa amis pada ikan. 
2. Taburi ikan dengan sedikit garam (atau skip boleh juga) dan kunyit bubuk. 
    Goreng sampai kuning kecoklatan dan garing. Sisihkan.






Nasi
1. Campur beras bersama all spices, sedikit garam dan sebagian daun mint. 
2. Masak setengah matang saja.
3. Aduk rata dan sisihkan.


Biryani
1. Gunakan panci besar dan pantat tebal atau panci teflon. Panaskan minyak kira2 cukup 
    untuk menggoreng bawang. Gunakan api sedang saja.
2. Goreng bawang bombay sampai coklat keemasan dan lembut. 
    Ambil sebagian bawang goreng dan taburkan diatas kertas tissue dapur unutk menyerap 
    kelebihan minyak. Bawang goreng ini nanti untuk taburan biryani ketika disajikan.
3. Masukkan jahe dan bawang putih, goreng sampai harum.
4. Masukkan sisa bumbu lainnya (kecuali susu), aduk rata.
5. Masukkan ikan dan masak lk. 10 menit.
6. Angkat.
7. Letakkan sebagian nasi dipanci, lalu tutup dengan ikan berikut kuahnya, tutup dengan sisa nasi.
8. Campur susu dengan sedikit kunyit bubuk smapai berwarna kuning. siramkan diatas nasi.
9. Tutup panci dengan aluminium foil dan tutup rapat dengan tutup panci.
10. Masak dengan api rendah sampai nasi matang (lk. 40 menit sampai 1 jam). 
     Ketika terlihat cukup banyak upa air pada tutup panci maka nasi matang dari penguapan tsb. 
     Biasanya ini saatnya unutk ngecek apakah nasi sudah matang atau belum.
11. Sajikan nasi segera dengan taburan bawang goreng dan cincangan daun ketumbar.



Popular Posts