Martabak Tahu praktis




Meski konon katanya berbuka dengan gorengan itu kurang sehat, tapii justru makanan ini yang selalu dicari duluan setelah menghabiskan minuman :D.

Dirumah hampir setiap berbuka puasa, saya selalu menyajikan jenis gorengan, entah gorengan khas Indonesia atau khas Pakistan..pokokmen tanpa gorengan, acara berbuka puasa kurang mantep!.

Gorengan favorit kami selain risoles adalah martabak, baik martabak telur, martabak tahu, ataupun martabak kentang. Bosen menyantap risoles dan martabak kentang, maka saya menyajikan variasi lain yaitu martabak tahu karena kebetulan habis belanja di Asian shop dan dapet stok tahu cukup banyak. Jadilah menu buka puasa dengan martabak tahu. 

Kulitnya saya menggunakan kulit spring roll makanya namanya martabak tahu praktis karena betul-betul praktis tinggal beli..hehe..

Isian seperti kebanyakan ya tahu, telur, daun bawnag dan parutan wortel (saya parut menggunakan parut rujak).

Untuk menghindari isian terutama telurnya meleleh keluar kulit, sebaiknya panaskan terlebih dahulu minyak menggunakan api kecil/sedang, sementara kita buat martabaknya, begitu jadi langsung dimasukkan ke minyak/digoreng. Dengan begitu terhindar dari 'kerusakan' martabak akibat isian yang meleleh keluar. 

Bahan
250 gr tahu putih (hancurkan)
3 butir telur (kocok rata)
2 buah wortel uk. sedang (kupas dan parut menggunakan parut rujak)
2 batang daun bawang (iris-iris kasar)
Merica bubuk
Garam
Gula pasir
Putih telur (untuk lem)


Cara Membuat
1. Campur dan aduk semua bahan isian sampai rata.
2. Panaskan minyak menggunakan api kecil/sedang.
2. Ambil selembar kulit springroll, letakan bahan isian lk. 1 atau 2 sdm lalu lipat seperti melipat amplop. Rekatkan sisi-sisinya menggunakan putih telur.



 3. Langsung goreng diminyak panas, sampai matang dan berwarna keemasan.


4. Angkat dan letakkan diatas tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak (saya biasanya berkali-
    kali mengganti tissue dapurnya sampai tissue kering).

Popular Posts