Sweet Corn Pannacota

 

Salah satu sajian menu buka puasa bersama teman dan tetangga dua hari lalu. Tamu-tamu pada suka dan penasaran dengan resepnya. Pannacota ini memang enak dan sehat, teksturnya lembut dan segar karena tidak terlalu manis dengan kombinasi topping berries yang manis dan asam, gak eneg. Khas rasa jagungnya yang membuat lidah bergoyang.

Penasaran? silahkan dicoba, bikinnya gampang dan cepat. Saya sudah siapkan toppingya sehari sebelumnya. Resep asli menggunakan gelatin, saya ganti dengan agar-agar bubuk.

Bahan topping juga enak buat topping es krim juga lhoo....:)

Untuk takaran manis topping, sesuaikan dengan selera saja. Saya menggunakan gula pasir lebih kurang 150 gr. 

Sumber resep Detikfood


Bahan

Pannacota
2 buah jagung manis (serut)
50 gram gula pasir
250 ml susu cair tawar
250 krim kental (saya pake whipped cream)
50 ml sour cream (saya pake plain yogurt)
1 sdt agar-agar bubuk bening

Topping
250 gr strawberry (belah dua atau empat)
150 gr blue berry
Gula pasir (sesuai selera)
100 ml air
1 sdt air perasan jeruk lemon
1 sdm tepung maizena (untuk pengental)

Cara Membuat

Pannacota
1. Campur serutan jagung dengan susu, blender sampai halus. Saring.
2. Campur saringan air jagung dan susu dengan cream, gula, agar bubuk. Masak menggunakan api sedang
sembari terus diaduk sampai mendidih.
3. Jika sudah mendidih angkat dan masukkan yogurt, aduk rata.
4. Tuang kedalam gelas-gelas saji. Dinginkan.
5. Sajikan dingin dengan diberi topping.

Topping
1. Campur semua bahan.
2. Masak sampai gula larut.
3. Kentalkan dengan tepung maizena.
4. Angkat dan dinginkan.

Comments

Popular Posts