Chana Rice Pulao (Chickpeas Rice)


Bosan masak nasi biryanni mulu..saya masak ini untuk buka puasa. Saya suka nasi ini karena kombinasi rasa dari daum mint dan ketumbar yang ditumbuk halus, selain bumbu khas Asia Selatan lainnya. 

Chana di Indonesia dikenal dengan nama kacang arab. Biasanya banyak dalam bentuk yang sudah kering (oven) dan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas dari timur tengah saat seseorang pulang dari beribadah haji. 
Kalo disini banyak dijual dalam aneka bentuk, baik yang sudah dikeringkan dan dalam bentuk sudah direbus seperti kalengan, botol atau kemasan kotak. 

                                                                 (sumber foto : internet)

Saya selalu punya stok jenis kacang ini, karena selain suami suka dan dimasak kari, campuran sallad, juga untuk campuran nasi seperti resep yang akan saya share disini. Saya lebih suka membeli yang sudah direbus dan dikemas dalam botol kaca atau kotak kardus, karena praktis. Jika harus merebus dulu akan cukup memakan waktu.

Resep sudah saya modifikasi dikit sesuai dengan sikon yang saya hadapi di dapur saya hehe....
Nasi saya masak setengah matang dulu menggunakan rice cooker, karena kalo ngikuti resep langsung begitu, biasanya saya kurang bisa menkaar kadar air dg tepat, nasinya kurang matang atau bahkan terlalu lembek. Kalo sudah setengah matang, maka biasanya saya bisa menakar kebutuhan airnya dengan baik. Hasilnya nanti pas dengan selera saya dan keluarga.

Untuk takaran, saya menggunakan cup beras, 1 cup = lk. 250 ml.

Sumber resep : disini

Bahan
1 cup chana (jika beli yang sudah jadi, cuci bersih dengan air hangat dan tiriskan, jika beli yang 
                    masih mentah, rebus sampai empuk)
1,5 cup beras basmati
1 buah bawang bombay (cincang)
1 buah tomat (cincang halus)
1/4 sdt cabe bubuk (atau sesuai selera)
1/4 sdt garam masala
Sejumput kunyit bubuk
1/2 sdt biji cumin (jintan bulat)
1 butir kapulaga hitam
2 butir kapulaga hijau
1 lembar bay leaf (daun salam)
3 butir cengkeh
2-3 cm kayu manis
1/4 sdt saffran
2 sdm plain yogurt
Mentega/Margarin (untuk menumis)
Garam 
2 cup air matang

Bumbu halus
3 cm jahe (kupas dan bersihkan)
4 siung bawang putih
1 sdm daun ketumbar
1 sdm daun mint
1-2 cabe rawit/hijau (sesuai selera)

Cara Membuat
1. Masak beras dengan sedikti air kira2 cukup sampai nasi setengah matang atau tidak terlalu mentah saja,
    (saya menggunakan rice cooker). Aduk dan sisihkan jika sudah matang.
2. Siapkan panci besar, panaskan mentega/margarin dipanci ini, gunakan api sedang saja.
3. Jika sudah panas, masukkan cumin/jintan, kayu manis, kapulaga, cengkeh, daunsalam, sampai harum.
4. Masukkan bawang bombay, goreng sampai lembut dan berwarna coklat keemasan.
5. Masukkan bumbu halus, aduk rata. Masak lk. 1 menit.
6. Masukkan tomat, aduk rata. Masak lk. 1 menit.
7. Masukkan sisa bumbu halus lainnya seperti cabe bubuk, kunyit bubuk, garam masala, garam. Aduk rata.
    Masak lk. 1-2 menit.
8. Masukkan nasi, aduk rata.
9. Masukkan chana, saffran dan aduk rata.
10. Tambahkan air, aduk rata. Kecilkan api pada level rendah.
11. Tutup rapat menggunakan aluminium foil atau serbet bersih, tutup.
12. Masak sampai nasi matang.
13. Angkat dan sajikan dengan taburan daun ketumbar.

Comments

Popular Posts