Sheer Korma



Ini merupakan menu khas Idhul Fitri masyarakat Asia Selatan. Vermicelli (Saviyan) yang dimasak menggunakan susu dan kurma serta buah-buahan kering (jika suka). Penganan ini biasanya untuk hidangan sarapan pagi. Saya suka dengan rasa khas dari kapulaga hijau dan air mawar. 

Mungkin bagi kita yang terbiasa makan bihun dengan bumbu pedas dan asin, awalnya agak aneh...seperti saya dulu, pertama kali disajikan ini saat Ied disana, haduhhh....lihatnya saja udah gak doyan, tapi ketika saya mencoba membuat sendiri (tepatnya terpaksa karena suami orang sana..haha) kok enak ya? hehe...

Bisa disajikan hangat atau dingin, tapi menurutku paling enak disajikan hangat langsung ketika selesai dimasak, karena jika didiamkan lama, maka airnya terserap habis oleh saviyan, lebih makyus dimakan saat masih berkuah hangat dan legit, saviyannya juga tidak terlalu mblenyek (apa ya bahasa Indonesianya ? ).


Sumber resep disini

Bahan
1 cup vermicelli
1/2 cup gula pasir
3 cup susu cair tawar
2 sdm air mawar
1 sdt kapulaga hijau bubuk
2 sdm mentega
Kurma (buang biji)
Raisin (lk. 2 sdm)

Garnish
Pistachio (tumbuk kasar)

Cara Membuat
1. Panaskan mentega menggunakan panci, goreng vermicelli sampai berwarna kecoklatan.
2. Tuang susu dan gula, masak sampai gula larut.
3. Masukkan kurma dan raisin. Didihkan.
4. Masukkan kapulaga hijau dan air mawar. Aduk-aduk. Kecilkan api.
5. Masak sampai susu terserap sebagian.
6. Angkat.
7. Tuang kedalam mangkok dan dinginkan (susunya masih banyak saat diangkat tapi ketika sudah agak dingin, susunya akan terus terserap).
8. Bisa disajikan hangat atau dingin, taburi dengan kacang pistachio.

Popular Posts