Simpel Orange Cake


 


Punya banyak jeruk di dapur, biasanya sich dibuat jus untuk sarapan. Kalo dimakan satu-satu gitu, biasanya pada malas ngupasnya. Jadinya jeruk stok di dapur jadi pada kisut-kisut. Udah dech akhirnya kefikiran dibuat cake saja.
Teringat dulu seorang teman dari Brazilia, suka banget menyuguhkan cake ini kalo pas main ke rumahnya, plus bawa pulang hahaha...soalnya dia tahu saya suka banget :D.
Sayangnya saya keburu pindah tanpa sempat bertanya resepnya.

Googling akhirnya menemukan resep yang simpel dan enak. Saya paling suka orange frostingnya..aduuuhh jeruk banget segaarr. Buatan saya setelah dikasih frosting kok keliatannya mengerikan ya ? maklumlah saya asal saja ngolesnya..hihi..kalo rajin sebetulnya bisa dibuat cantik kok, adonannya dimasukkan piping bag dan mulailah cake-nya dihias frosting, pasti keliatan cantik. Lain kali saya pengen bikin edisi cupcake-nya...;D

Bikinnya gampang hanya dikocok asal nyampur rata saja. Untuk frosting, kalo mau simpel bisa ditaburi gula bubuk juga oke dan kalo suka bisa juga lho frostingnya ditaburi lagi dengan kelapa parut.
Selamat mencoba :)

Sumber resep : Best recipe

 O ya, resep asli untuk loyang loaf kecil. Saya bikin double resep sehingga pas banget muat loyang tulban seperti difoto....cantik!



Bahan
250 gr mentega (suhu ruang)
1/2 cup juice jeruk (dari 4 buah jeruk mandarin)
2 sdt parutan kulit jeruk mandarin
3 cup (@130 gr) self raising flour (atau bisa pake all purpose flour + 3 sdt baking powder + 3/4 sdt garam)
1 1/2 cup gula butiran halus
4 butir telur

Orange frosting
75 gr mentega halus
2 cup gula halus/bubuk
5 sdm fresh juice jeruk mandarin
1 sdt parutan halus kulit jeruk mandarin


Cara Membuat
1. Panaskan oven 180 C
2. Kocok mentega + gula sampai lembut.
3. Tambahkan telur, kocok rata.
4. Tambahkan cairan, aduk rata.
5. Tambahkan tepung dan parutan kulit jeruk, aduk rata.
6. Tuang keloyang tulban yang telah diolesi mentega
7. Panggang sampai matang lk. 40 menit (cek dg lidi utk memastikan kalo cake sdh matang
    secara keseluruhan) .
8. Angkat dan dinginkan di rak pendingin.

Frosting
Aduk semua bahan sampai rata Atur tingkat kecairan frosting dengan jus jeruk.
Oleskan dipermukaan cake ketika cake sudah benar-benar dingin.


Popular Posts