Kue pepe




Lihat postingan kue lapis beras dari seoarng teman di facebook, tiba-tiba pengen bikin dan kebetulan juga sudah lama banget gak  bikin kue lapis yang dikukus. Akhirnya jadilah hari ini direalisasikan bikin kue lapis. Pilihan jatuh pada kue pepe khas betawi yang sudah terkenal itu. 

Browsing resep semua kue pepe, saya menjatuhkah pilihan pada resep di Sajian Sedap tapi tentu dengan modifikasi menyesuaikan bahan yang ada dan yang saya rasa lebih simpel dan mudah saya kerjakan dengan tanpa mengurangi rasanya. Saya skip daun jeruk karena out of stock huh...! rasanya ada saja yang kurang jika bumbu dapur gak komplit. Beli online ? hmmm..gak cucok diongkir kalo cuman beli daun jeruk doang. Sayangnya juga Asian shop agak jauh dari rumah, 1,5 jam perjalanan kesana..:p

Kembali ke kue pepe, ini salah satu jajanan favorit ketika kecil dulu. Warna setiap lapisan bisa beraneka ragam sesuai selera, tapi saya lebih memilih meminilisir pemakaian pewarna. Pilihan jatuh pada warna putih, hijau (dari pasta pandan) dan sedikit merah cabe pada lapisan terakhir, lapisan paling atas.

Membuat jajanan ini membutuhkan sedikit kesabaran saat mengukus lapis demi lapis, cukup memakan waktu. Tapi hasilnya memuaskan, anak-anak suka karena tertarik dengan lapisan dan warna-warninya :D.
Santan yang dipakai pada resep bisa saja diganti susu, mungkin next time akan saya ganti dengan susu karena suami suka protes kalo saya masak atau baking menggunakan santan, kolesterol katanya...akh sesekali bolehlah...:P

Resep asli menggunakan sirup (resep tetep saya cantumkan), tapi saya menggunakan sirup gula siap pakai yang tersedia disini. Jadi mengurangi kerjaan dan menghemat waktu saya...:)

Bahan
500 gram tepung tapioka/sagu
25 gram tepung beras
1 1/2 sendok teh garam
2 kaleng santan (lk.800 ml santan)
Beberapa tetes pasta pandan
4 tetes pewarna merah cabai

Bahan sirup (saya menggunakan sirup gula siap pakai yang banyak dijual disini)
500 ml air
500 gram gula pasir
2 lembar daun pandan
10 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya 


Cara Pengolahan :
1. Campur tepung sagu, tepung beras, dan garam. Masukkan santan sedikit – sedikit sambil diaduk
     sampai larut. Sisihkan.



2. Rebus bahan sirup dengan api kecil sampai gula larut dan harum. Saring. Ukur 750 ml.
    Biarkan hangat.(Saya menggunakan 500 ml sirup gula siap pakai karena konsentrasinya lebih kental
    dan sudah cukup manis dengan takaran segitu)
3. Tuang sedikit-sedikit ke campuran tepung sagu. Aduk rata. Saring (jika menggunakan sirup gula sendiri).



4. Ambil 500 ml adonan. Tambahkan beberapa tetes pasta pandan. Aduk rata. Sisanya biarkan putih.


5. Panaskan kukusan menggunakan api sedang.
6. Tuang 100 ml adonan putih ke loyang 20x20x7 cm yang dialas baking paper dan diolesi minyak goreng.
    Kukus 5 menit di atas api sedang. Tuang lagi 100 ml adonan putih. Kukus 5 menit.


7. Tuang 100 ml adonan hijau. Kukus 5 menit. Lakukan bergantian sampai adonana habis.
8. Terakhir tuang 100 ml adonan putih yang sudah ditambahkan pewarna merah cabai.
9. Kukus 20 menit diatas api sedang sampai matang. Dinginkan. Potong-potong.








Popular Posts