Playdough






Anak saya yang paling kecil suka banget mainan playdough. Biasanya saya kasih sugarpaste untuk mainan dia pengganti playdough, karena saya gak bisa mengawasi  mereka saat mereka bereksperimen dengan playdougnya, takutnya dimasukkan mulut. Jadi biar aman saya kasih saja sugarpaste, beli satu paket warna. Cukup mahal sich memang, tapii aman kalau sampai mereka makan. Selain itu playdoug beli jadi juga baunya sangat menyengat, selesai mereka mainan playdough maka seluruh ruangan dan mainan mereka bau, lama hilang baunya. 

Gara-gara kehabisan stok sugarpaste, makanya saya beralih bikin sendiri saja. Cukup banyak resep homemade playdough yang ebredar diinternet. Resep yang saya pake ini gampang banget bikinnya, bahkan Tasha dan Keisha sudah bisa bikin sendiri, hanya saja tetap harus diawasi karena menggunakan air panas mendidih. Biasanya bagian ini saya yang melakukan dan nanti kalau sudah agak dingin maka saya biarkan mereka yang nguleni. 

Resep ini cukup simpel baik bahan dan cara bikinnya serta cepat. Kapan saja anak-anak pengen main maka bisa langsung bikin, paling banter 4-5 menit.

Sumber resep disini


Bahan

1 gelas tepung terigu
1/2 gelas garam halus
2 sdm cream of tartar
1 sdm minyak goreng
1 gelas air panas mendidih
Pewarna makanan


Cara Membuat

1. Masukkan tepung terigu, garam, cream of tartar dan minyak goreng kedalam mangkok besar. 
    Aduk rata.
2. Tambahkan beberapa tetes pewarna makanan kedalam air panas.
3. Tuang air panas kedalam campuran tepung.
4. Aduk rata dan uleni sampai kalis.
5. Siap dipakai.

Popular Posts