Ayam Betutu (Versi 2 : Pake daun Kalle)


Beberapa kali bikin ayam betutu dan setiap kali selalu dengan versi yang berbeda-beda. Maksudnya beda itu dari sayuran isian didalam ayam, karena menyesuaikan stok sayuran yang ada. Resep yang pernah ada di blog (Ayam Betutu (pake isian wortel) berhubung tidak tersedia daun singkong disini, makanya saya berimprovisasi, yang penting sayuran ceritanya. 

Tapi kali ini, saya menggunakan isian sayuran daun kale, tekstur dan rasanya mirip dengan daun ubi dan bumbu komplit pake kencur serta dibungkus daun pisang...wah wahh...enak banget. Tamu saya bilang tasty! Alhamdulillah sajian mix masakan Pakistan dan masakan Indonesia ternyata bisa berdampingan secara serasi dan akurr hehe.....

Guna melengkapi resep ayam betutu yang sudah ada, maka saya tuliskan lagi revisi resep yang sudah ada (kayak skripsi aja yak pake revisi segala :D). Sayangnya karena sibuk menyiapkan hidangan dan bikin cake di dapur, saya jadi kelupaan mendokumentasikan step by step dan detail cara membuatnya. Untung saja ketika hendak disajikan saya sempat ingat kalo gak punya foto, makanya menyempatkan menfoto ayam yang sudah siap disantap diatas meja makan, tamunya menunggu sampai saya selesai menfoto makananya...hihi :D

Baiklah ini resepnya.

Bahan

Seekor ayam (saya buang kulitnya, karena suami gak suka makan ayam dengan kulit)
minyak (untuk menumis)
Daun pisang
Aluminium foil
Daun Kale (atau daun ubi): rebus sampai layu saja, lalu iris-iris.

Bumbu Halus
Cabe (sesuai selera, saya pake 2 sdt cabe bubuk) kalau mau pedas mengigit pakein cabe merah dan
          rawit.
5 siung bawang putih
3 cm lengkuas
2 cm kunyit (bakar)
2 cm kencur
2 sdt ketumbar bubuk
2 sdt merica bubuk
Garam
Gula pasir
5 butir kemiri (sangrai)
4 helai daun jeruk (buang tulangnya)
1 batang serai (ambil bagian putihnya saja)
1 sdt terasi

Cara Membuat
1. Tumis bumbu halus sampai wangi dan agak kering.
2. Angkat dan bagi dua.
3. Satu bagian campur dan aduk rata dengan daun kale.
4. Masukkan sayuran tsb kedalam perut ayam.
5. Lumuri seluruh permukaan ayam dengan sisa bumbu, sampai rata.
6. Bungkus ayam dengan daun pisang sampai rapat. lalu bungkus lagi dengan aluminium foil 
    sampai rapat agar tidak bocor dan kedap udara.
7. Letakkan diatas baking tray atau pinggan tahan panas.
8. Panggang pada suhu 200 - 250 C, lk. 2-3 jam.
9. Jika sudah sampai waktunya, angkat dan buka bungkusnya. Sajikan diatas piring saji, siram 
    dengan air/kuah dari proses memanggang.
Sodaappp !!



Comments

Popular Posts