Pepes Ikan (Salmon)




Jum'at kencan dengan Keisha dan habis ngeteh di centrum, dia pengen beli fortune cookies di toko asia....nyampe disana eeeeeehhhhh nemu harta karun yang selama hampir 8 tahun disini belum pernah saya temukan : daun pisang!! haha...tanpa fikir panjang langsung saya borong semua yang hanya ada dua paket. Bisa tahan lama, nanti saya masukkan ke freezer, sekalian buat persiapan bulan puasa yang tinggal dua bulan lagi. 

Lalu weekend saya masak pepes ikan salmon, punya stok ikan salmon utuh yang saya beli fresh dua hari lalu. Yes!! hihihi....


Suami saya sukaa banget denga resep olahan ikan orang Indonesia, karena dia akui mereka tidak terlalu pintar mengelola daging ikan. Maklum aja sich orang sana gak suka ikan.

Sayangnya saya tidak punya stok daun kemangi dan daun bawang di dapur, jadi dua pelengkap itu saya skip. Ikan tentu bisa diganti jenis ikan lainnya.

Anak-anak saya sebetulnya penggemar ikan salmon, hanya seperti halnya orang sini kurang suka dengan ikan yang bertulang, mereka bilang refot. Alasan ini juga yang membuat krucils gak terlalu doyan ikan utuh dengan tulang begini, gak perduli dimasak apapun. Alhasil yaa Maknya yang refot selama sesi menikmati hidangan karena krucil maunya ikan tersedia dipiring mereka dalam keadaan bebas tulang. 

Sumber resep : disini

Karena saya masaknya tanpa cabe, maka untuk memberi warna merah cantik, cabe saya ganti dengan paprika bubuk dan saya masukkan cabe rawit utuh. Waaahhh....jadi banyak ranjau pepesnya :D




Bahan
1 ekor ikan salmon (bersihkan, lumuri air jeruk nipis dan garam, diamkan beberap menit. Lalu bersihkan lagi dengan air mengalir. Potong-potong dan Sisihkan). Kebetulan saya punya ikan salmon yang ukurannya mayan besar lk. 1 kg.

2 serai, geprek
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
3 buah tomat, potong menjadi 4 bagian
Cabe rawit (biarkan utuh)
Garam
Gula
Minyak goreng (utk menumis)
seibu jari ayam jawa + sedikit air utk melembutkan.

Bumbu Halus
12 butir bawang merah
8 butir bawang putih
1 ruas kunyir (lk. 2 cm)
1 ruas jahe (lk. seibu jari)
Cabe merah bubuk (saya ganti paprika bubuk)
8 butir kemiri

Cara Membuat
1. Tumis bumbu halus sampai wangi.
2. Masukkan daun salam, serai, daun jeruk, aduk rata, asam jawa dan tumis sebentar.
3. Tambahkan garam dan gula. Aduk rata.
4. Angkat.
5. Masukkan tomat, cabe rawit utuh, ikan, aduk rata.
6. Ambil aluminium foil, lalu letakkan daun pisang diatasnya. Letakkan ikan ditengahnya dan
    bungkus serta lipat daun pisang sedemikian rupa. Terakhir bungkus dengan aluminium foil 
   sedemikian rupa sehingga terbungkus rapat dan tidak bocor.
7. Letakkan diatas baking tray. 
8. Panggang menggunakan oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, panas tinggi sampai matang     (saya menggunakan suhu 200 C, lama memanggang lk. 30 menitan)
8. Angkat dan sajikan segera.

Comments

Popular Posts