Cake Pandan SKM (tanpa BP)




Begitu banyak kumpulan resep yang sliweran difacebook yang mungkin dishare oleh ribuan bahkan jutaan pengguna facebook. Kumpulan resep tersebut mereka dapat dari mencomot resep dari sana sini berikut foto-fotonya yang terkadang mereka ambil dari web atau blog terpisah, mungkin mereka hanya mengambil foto yang keliatan menggoda, sedangkan resep bisa diambil dari sumber manapun. Kalau saja sumber resep dan foto disertakan dalam page resep tersebut maka tidak menjadi masalah samasekali. Tetapi seringkali link sumber resep tidak dicantumkan, sayang sekali.....:P

Bagi saya yang terkadang seringkali penasaran dan menguji resep-resep tersebut lalu agar resep tersebut tersimpan dengan baik maka saya tuliskan kembali resep tersebut diblog ini, agar sewaktu-waktu ketika saya butuh maka dapat dengan mudah saya temukan. Kalau link resep disertakan maka pasti saya cantumkan sebagai referensi atau sumber resep, tapi jika tidak maka saya tak berani mencantumkannya diblog, sampai saya temukan link yang bisa saya cantumkan untuk menghindari plagiat atau main caplok resep orang.

Resep ini juga hasil dari godaan kumpulan resep yang sliweran tersebut...:D. Saya tergoda untuk mencoba karena selain saya suka bolu pandan juga karena dengan iming-iming tanpa baking powder. Sejak pertama kali baca resep, saya sudah bisa membayangkan rasanya, karena menurut saya, pada dasarnya cake tanpa BP ataupun BS rasanya cenderung lebih makyus, seperti cake-cake yang sering dibuat oleh ibu dan kakak-kaka saya di rumah. Hanya saja sepengetahuan saya cake tanpa BP menggunakan banyak telur...Nah resep yang saya coba ini hanya menggunakan dua butir telur saya...haha...bukannya pelit yak tapi saya ngeri kalau harus menggunakan sampe puluhan butir telur :p.

Oh ya, disumber resep dituliskan lama memanggang lk. 20 menit setelah suhu diturunkan menjadi 160 C. Tapi ketika saya coba, cake samasekali belum matang setelah 20 menit, sehingga saya lanjutkan memanggang dan setelah hampir sekitar 30-40 menit, baru dceh cakenya matang sempurna. Tips : gunakan air panas ketika mengisi air dibaking tray dan cek kematangan cake dengan tusuk gigi.


Sumber resep : disini


Bahan
150 gr susu kental manis 
120 gr tepung protein rendah (disini pake tepung extra fint mjöl)
120 gr mentega (suhu ruang)
2 butir telur (suhu ruang)
40 gr gula butiran halus
1/4 sdt garam halus
1 sdt pasta pandan

Gunakan loyang loaf.

Cara Membuat
1. Panaskan oven pada suhu 180 C, atur rak pada bagian tengah.
2. Campur mentega dan gula dimangkok besar, mixer sampai pucat dan mengembang.
3. Masukkan pasta pandan dan garam, aduk rata atau gunakan mixer kecepatan paling rendah.
4. Masukkan susu kental manis, aduk rata.
5. Masukkan tepung, aduk rata.
6. Masukkan telur, mixer kecepatan sedang sampai rata.
7. Tuang kedalam loyang (olesi dengan mentega terlebih dahulu), saya pake loyang loaf silikon, 
    jadi gak perlu diolesi lemak lagi.
8. Isi baking tray dengan air panas dan letakkan dibagian bawah rak di oven (agar cake tetap lembut 
    dan moist).
9. Panggang cake selama 25 menit. Lalu turunkan suhu pada suhu 160C dan ambil baking tray yang
    beiris air. Lanjutkan memanggang sampai cake matang lk. 30 menit atau cek dengan tusuk gigi utk     mengetes apakah cake sudha matang atau belum.
10. Keluarkan dari oven dan dinginkan sebentar sebelum dikeluarkan dari loyang.
11. Keluarkan dari loyang dan sajikan hangat ataupun dingin.

Yummy!!!



Comments

Popular Posts