Chocolate Bundt Cake





Coklat dalam segala bentuknya memang sangat mengoda, apalagi kalo ditambahi dengan siraman ganache yang meleleh....siapa yang tahan ? dietpun mendadak lupa :D

Sebetulnya cukup banyak resep cake coklat diblog saya ini, ini saya tambahin lagi variasi resep yang aduhai punya. Bagi coklat lovers silahkan meleleh dech liatnya..:D

Seperti yang selalu saya katakan kunci sukses membuat coklat cake yang makyus hanya satu : pilih coklat bubuk dan atau coklat masak kualitas nomer wahid, itu aja maka dijamin makyus. 


Gadis-gadisku yang juga coklat lovers gak bisa berhenti makan ini, sekali makan dua slices, sehingga terpaksa menjelang jam makan cakenya saya sembunyikan dulu. Bapaknya awalnya gak berani makan, cuman dari lirikannya saya tahu dia pengen...sampe akhirnya saya tanya, jawabnya gak berani karena lagi diet. Saya bilang sesekali ya gak apa-apa kok, apalagi disaat cuaca dingin coklat bagus buat sumber energi. Tanpa ba bi bu dia langsung ambil satu slice...hihihi..


Sumber resep : Martha Stewart

Resep asli menggunakan sour cream, saya ganti dengan plain yogurt. Juga saya tambahin sedikit baking powder biar teksturnya agak sedikit gembur. Resep asli ganache juga saya rasa terlalu banyak takaran creamnya, terlalu cair. Tapi ini sebetulnya gampang diakali kok, masukkan saja dulu ganache di kulkas sampai didapat konsistensi ganache yg cukup kental. Karena kalo kekentalan ganache bagus maka saat disiramkan maka lelehannya tidak sampai numpuk dialas (seperti yg saya punya ini), punya saya begini karena anak-anak udah gak sabar mau ngiris :D.



Bahan
2 1/2 cup tepung all purpose
230 gram mentega (suhu ruang)
1 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
1/2 cup coklat bubuk 
1/2 cup susu cair tawar (suhu ruang)
1/2 cup plain yogurt (suhu ruang)
4 butir telur (suhu ruang)
1 1/2 cup gula pasir 
1/2 sdt vanili bubuk
3/4 sdt garam halus

Ganache
85 gr coklat blog
2 sdm mentega tawar
1/2 cup double cream 

Cara Membuat
1. Panaskan oven pada suhu 170 C.
2. Olesi loyang bundt cake atau tulban dengan mentega, taburi tipis dengan tepung. Sisihkan.
3. Ayak tepung bersama baking soda, baking powder, garam dan vanili bubuk. Sisihkan.
4. Campur rata susu dan yogurt. Sisihkan.
5. Kocok mentega dan gula sampai lembut dan pucat.
6. Masukkan telur satu persatu sembari terus dikocok sampai benar-benar rata. Masuk satu telur lalu 
    kocok rata, dst.
7. Masukkan sedikit susu, kocok dengan kecepatan rendah. Masukkan sepertiga tepung, kocok rata. 
    Begitu seterusnya dengan selang seling antara susu dan tepung.
8. Tuang ke loyang dan panggan sampai matang lk. 55-60 menit. 
    Tes dengan lidi untuk memastikan apakah cake sudah matang atau perlu dipanggang 
    beberapa menit lagi.
9. Jika sudah matang ambil dari oven dan dinginkan sebentar di rak pendingin, lalu keluarkan 
    dari loyang. Diamkan sampai benar-benar dingin sebelum disiram ganache.

Ganache
1. Letakan potongan coklat dimangkok.
2. Panaskan cream, lalu siramkan ke coklat, aduk sampai coklat lumer semua.
3. Diamkan sampai agak dingin (lk.2 menit).
4. Masukkan mentega, aduk cepat sampai mentega leleh dan menyatu dengan coklat.
5. Jika dirasa terlalu cair, diamkan dulu dikulkas sampai konsistensinya cukup kental.
6. Siramkan diatas cake yang sudah benar-benar dingin.
7. Enjoy!

Comments

Popular Posts