Seven Layer Sallad




Teringat sewaktu berkunjung kesalah satu rekan suami di Polandia beberapa tahun lalu, disana kami disuguh menu khas Polandia. Salah satu menu yang waktu itu snagat menarik perhatian saya adalah sallad. Salladnya ditata sedemikian cantik dimangkuk bening dengan dressing yang sangat enak dan segar. Saya sampe nambah waktu itu...hahaha...
Saat itu saya gak sempat tanya resep dressingnya, saya sungkan tanya resepnya karena saya fikir ahh nanti saya browsing ajalah, tanya mbah gugel. Teryata malah keluapaan tanya mbah gugelnya...kelamaan. 


Sampe akhirnya karena sallad merupakn menu wajib yang harus terhidang dirumah, maka saya jadi rajin 'riset' (haha) kecil-kecilan dan nyobain banyak dressing, sampe akhirnya saya menemukan rasa yang pas dilidah saat mencicipi sallad di rumah teman tersebut.

Sebagaimana seperti biasanya sallad, fresh...penyajiannya gampang dan cepat karena hanya berisi sayuran segar saja, pun begitu juga dengan dressingnya. Sebetulnya disini ada banyak dressing sallad siap pakai, tinggal beli aja, tapi saya lebih suka meracik sendiri...selain pengen belajar juga saya bisa mengatur rasa yang sesuai dengan selera kami.


Untuk sayuran silahkan dipilih dari berbagai warna hijau, kuning, merah, jingga, hitam, ungu, putih dan lain-lain. Kalo mau bisa juga diberi satu lapisan warna dari keju parmesan atau wortel parut, atau pake taburan greek sallad cheese, dsb. Pokoknya bermain-main dengan kreasi sendiri di dapur. Meskipun judulnya 7 layer tapi boleh dan sah banget kok kalo mau tiga, empat atau sepuluh lapis....:D

Oke, mari kita mulai masak.......

Bahan
Berbagai jenis sayuran untuk sallad, seperti roman sallad, lettuce (cuci dengan air mengalir, tiriskan dan potong-potong kecil)
Tomat (buang biji, lalu potong-potong kotak kecil)
Black olive (iris menjadi dua bagian)
Jagung pipil (siap pakai)
Kacang polong/peas (rebus atau kukus sebentar, siram air dingin, tiriskan)
Buah delima (ambil buah bagian dalamnya)
Telur rebus


Dressing
1 cup mayonaise (saya pilih yang light)
beberapa sdm sour cream atau yogurt (untuk mendapatkan konsistensi moyonaise yang tidak terlalu kental)
gula pasir
garam
cincangan daun dill 

Cara Penyajian
1. Susun semua sayuran berdasarkan warna lapis demi lapis, ataur sedemikian rupa sehingga 
    kombinasi warnanya menarik.
2. Dibagian paling atas, siramkan dressing dan hias dengan biji delima dan telur rebus.
3. Sajikan segera atau jika harus menunggu maka tutup dengan plastikfoli simpan dikulkas.

Comments

Popular Posts