Nasi minyak ala Wong kito galo (aka Palembang)


Sewaktu di kota kelahiran Palembang, kalo menghadiri acara kondangan orang palembang aseli atawa orang keturunan arabs, maka saya pasti ngincer nasi minyak..soalnya memang yahud banget top markotop rasanya. Lauk pendampingnya kari ayam, daging malbi, ayam panggang, sambal nanas, dll.

Nasi minyak ini saudara dekatnya nasi biryani, nasi kebuli...hanya beda tipis di bumbu yang dipakai. Maka tidak ada salahnya kalo saya menjajal kemampuan masak nasi minyak wong kito galo sekalian tes seleranya suami. Seperti yang sudah saya tebak dia pasti suka karena mirip dengan nasi biryani, warna dan rasanya wangiii.....dah dech komplit rasanya.

Sebetulnya setelah diaron, nasi dikukus lagi lk. 30-40 menit tapi saya masaknya pake metode masak nasi biryanni...langsung dimasak dipanci tanpa dikukus, selain praktis (males nyuci kukusan hehe..), juga saya pakai beras basmati yang sangat cepat masak dan tidak butuh banyak air.

Resep asli menggunakan minyak samin tapi saya tak punya, gantinya saya pakai mentega dan sengaja tidak terlalu berminyak seperti khasnya dan sesuai namanya nasi minyak.

Resep saya adaptasi dari seorang teman Ummi Dina dan dari Lkitchen hanya saja saya menggunakan setengah resep saja.

Bahan
500 gr beras basmati (cuci dan rendam 1 jam)
150 gr mentega/margarin
100 gr bawang bombay cincang halus
100 gr tomat kaleng (cincang)
200 ml susu tawar
1/2 liter air kaldu 


Bumbu halus
2 sdm ketumbar
2 sdm adas manis
2 sdm jintan
1/3 sdt pala bubuk
1/2 buah bawang bombay
4 siung bawang putih
2 sdt garam
2 sdt gula
1 sdm kapulaga bubuk
1 sdt kari bubuk
1 sdm jahe parut


Bumbu rempah
5 buah pekak
3 cm kayu manis
1 sdm cengkeh
1 sdt adas
100 gr kismis
3 biji kapulaga hijau
2 lembar bay leaf (daun salam)


Cara Memasak
1. Panaskan mentega (atau minyak samin kalo punya) sampai benar-benar panas.


2. Masukkan bumbu rempah, goreng untuk beberapa menit lk. 1-2 menit sampai minyak berbau wangi.


3. Masukkan bawang bombay iris, goreng sampai lembut dan transparan.


4. Masukan bumbu halus, tumis sampai harum.


5. Masukkan tomat, lanjutkan memasak sampai tomat matang dan minyak terpisah dari bumbu (lk 10 menit).


6. Masukkan cairan (susu dan air kaldu) dan sisa bumbu lainnya. Didihkan.


7. Masukkan beras, aduk-aduk sampai air agak terserap. Taburi atasnya dengan kismis.



8. Kecilkan api pada level paling rendah dan tutup panci dengan aluminium foil atau serbet bersih, tutup.
9. Masak sampai nasi matang (lk. 30 menit)
10. Sajikan hangat dengan lauk pendamping (saya menggunakan acar dan chicken kofta curry).
      ini link ke resep Chicken kofta curry



Comments

Popular Posts