Soto Betawi


Ini menu lebaran Idhul Adha beberapa waktu lalu. Searching resep soto betawi akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan resep di link ini Disini, karena dari bumbu yang digunakan cukup komplit, sudah kebayang enaknya soto betawi....dan ternyata memang enak dan cocok banget buat hidangan ditengah cuaca yang sudah mulai mendingin seperti sekarang.Saya hanya menggunakan daging serta saya sajikan dengan lontong.

Bahan
300 gr daging sapi
2 liter air
3 lembar daun salam
2 batang serai (geprek)
4 butir cengkeh
250 ml santan kental (saya pake yg kaleng dan saya pake hanya separuhnya saja)
2sdm minyak untuk menumis


Bumbu (dihaluskan)
1 buah bawang merah besar
5 siung bawnag putih
4 butir kemiri (sangrai)
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt merica bubuk
1 sdt jahe cincang
3 cm lengkuas
1/2 sdt jintan bubuk
1/2 sdt kayumanis bubuk
1/2 sdt pala bubuk
3 sdm garam (atau sesuai selera)
3 sdm gula pasir


Pelengkap
Bawang daun (iris-iris tipis)
Seledri (iris halus)
Bawang goreng
Telur rebus
Lontong
Jeruk nipis (potong2)
Tomat segar (potong-potong)
Emping goreng

Cara Membuat
1. Rebus daging menggunakan 2 liter air. Ketika air sudah mendidih, turunkan panas pada level rendah
   (saya pake level 2), tutup rapat dan teruskan memasak sampai daging benar2 empuk.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi.


3. Jika Daging sudah empuk/masak, ambil dagingnya dan potong kecil-kecil.


4. Masukkan kembali ke air kaldu bekas rebusan daging beserta bumbu halus yang sudah ditumis, 
    dan sisa bumbu lainnya.
5. Didihkan kembali, teruskan memasak sampai air sedikit berkurang.
6. Angkat dan sajikan panas beserta pelengkap.


Comments

Popular Posts