Ayam Penyet


Dapet resep dari seorang teman, agak beda karena pake susu bubuk, makanya saya coba tapi dengan takaran yang saya sesuaikan selera saya. Teryata enak dan gurih, juga lebih sehat karena tanpa santan.

Bahan
1 ekor ayam jantan, potong menjadi 4 bagian
500 ml air kelapa (tapi saya pake substitusi : 500 ml air matang + 1 sdt garam + 1 sdt cuka + 2 sdt gula)
1 batang sereh (geprek)

2 sdm susu bubuk
2 lembar daun salam



Bumbu (haluskan) 

4 siung bawang putih
1 bh bawang merah besar

3 btr kemiri
1 sdt ketumbar
2 cm kunyit
1 blok kaldu ayam
1 sdt gula
1 1/2 sdt garam


  
Sambal  Ulek
3 buah tomat kecil--belah dua (ato sesuai selera, karena saya gak kuat terlalu pedas makanya saya pake banyak tomat)
4 buah cabe rawit (atau sesuai selera)
1/2 sdt terasi bakar
1 buah bawang merah besar (rajang kasar)
garam
gula merah


Pelengkap
Sallad hijau
Mentimun
Kemangi (jika ada)
Nasi uduk  (klik disini Resep Nasi uduk untuk resep nasi uduk)


Cara Memasak
1. Masukkan semua bumbu ke dalam air kelapa, aduk rata.
2. Masukkan ayam.
3. Tuutp panci dan masak sampai ayam matang (biarkan airnya masih agak banyak). Dinginkan atau simpan   dikulkas untuk digoreng keesokan paginya (saya lebih suka dengan cara ini bumbu akan lebih meresap).
4. Goreng sampai kecoklatan dan kering. Gulingkan diatas tissue dapur untuk menyerap minyak.
5. Sambal : 
    a. Goreng semua bumbu (kecuali gula merah, terasi dan garam) sampai masak menggunakan api sedang,
        kulit tomat agak terkelupas dan didalamnya sudah masak.
    b. Ulek bumbu goreng tsb dicobek lebar, beri garam, terasi dan gula merah. Seimbangkan antara asin, 
        manis dan pedas.
 6. Pukul2 ayam yang sudah digoreng, lalu taruh diatas sambal dicobek.
7. Sajikan segera dengan pelengkap dan nasi panas atau nasi uduk.


Comments

Popular Posts