Rujak Serut ala LG



Cuaca panas begini memang enaknya makan yang segar-segar sembari kipas-kipas hehehe.....saya bukanlah penggemar es, tapi doyan pedas dan asam. Kondisi ini bertambah-tambah setelah lihat postingan rujak diwall Facebook...hahaha...gak tahan akhirnya saya pergi ke supermarket, beli buah-buahan seadanya yang kira2 bisa saya buat rujak.

Rujak serut versi saya ini menggunakan hanya dua macam buah saja yaitu mangga dan strawberry, nanas sebetulnya banyak dipasaran, tapi saya kurang suka rujak pake nanas karena perut saya suka perih sesudahnya. Silahkan gunakan buah-buahan yang anda suka dan tersedia dipasaran ditempat anda tinggal. 
Selain itu, rujak ini saya tambahkan 1 sdm perasan air jeruk lemon, biar terasa segar dan agak sama, mengingat mangga yang saya pakai, jenis mangga yang rasanya anyep alias gak asam dan gak juga terlalu manis seperti jenis mangga di tanah air. 

Seimbangkan antara rasa pedas, asin, asam dan manis....:)

Bahan
1 buah mangga mentah/mengkal ukuran besar (parut menggunakan parut rujak)
1/2 paket (lk. 200 gr) strawberry ( iris2 atau cincang kasar)
1 sdm air perasan jeruk lemon

Bumbu
1/2 sdt garam
5 biji cabe (atau sesuai selera)
3 sdm gula jawa cair (tambahkan jika ingin manis)
1/2 sdt terasi (panggang atau bakar atau sanggrai)
1 sdm kacang tanah panggang/sanggrai
2 sdm air matang

Cara Membuat
1. Ulek semua bumbu sampai halus
2. Masukkan buah-buahan serut. Aduk rata.
3. Masukkan ke kulkas untuk beberapa jam sampai dingin
4. Hidangkan dingin.


Comments

Popular Posts