Gajar ka halwa




Salah satu sweets dari Pakistan/India yg saya suka....tentu saja kalo buat sendiri seperti ini, saya bisa mengatur sendiri takaran gula sesuai selera saya karena asli buatan sana pastilah sgt manis dan agak sedikit lembek dan berair. Buatan saya ini padat kr betul2 saya masak sampai kering, shgg bisa saya padatkan diloyang dan disajikan cantik menyerupai mithai lainnya.

Satu lagi khoya, ini sebetulnya optional saja, silahkan dipake jika suka dan gak juga gak apa-apa. Tapi satu hal jika menggunakan khoya, tidak perlu ditambah gula lagi pd adonan gajar ka halwa kr khoya versi saya ini sdh manis baik dari whipped cream maupun dari susu kental manisnya.

Selamat mencoba...:)

Bahan :
1/2 kg wortel : bersihkan dan parut kasar
1 cup susu cair tawar
2 cup susu bubuk (jika menggunakan khoya, kurangi menjadi 1 1/2 cup saja
    atau tetep 2 cup jika suka)
1 cup gula pasir atau sesuai selera (jika menggunakan khoya tidak perlu dipakaikan gula lagi kr khoya sdh manis)
1/2 cup almond slice (cincang)
1/2 cup kismis (optional)
1/2 cup kelapa parut kering (optional)
6 sdm margarine/butter
1 sdt kapulaga hijau bubuk


Cara memasak :
1. Panaskan margarine menggunakan panci atau wajan berpantat tebal atau gunakan wajan teflon.
2. Masukkan wortel, aduk rata dan tumis sampai lembut dan berubah warna.
3. Masukkan susu cair dan kapulaga halus, aduk rata.
4. Setelah air susu tinggal sedikit, masukkan gula, aduk rata.
5. Masukkan susu bubuk sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata, jaga agar susu bubuk 
    tidak menggumpal. 
6. Masukkan almond, kismis, kelapa kering, khoya, aduk rata.
7. Teruskan memasak sembari terus diaduk sampai adonan kental dan tidak berair lagi.
8. Angkat dan masukkan ke dalam cetakan sambil ditekan2 agar padat.
9. Dinginkan.
10. Potong2 sesuai selera. Sajikan bersama chae......:)

Resep Khoya :
1. Campur 3 cup susu cair tawar, 300 ml whipped cream, 1 kaleng susu kental manis
    ke dlm panci teflon atau pantat tebal.
2. Setelah mendidih masukkan air perasan dari 1 jeruk lemon. aduk rata.
3. Terus masak sampai air habis dan terbentuk adonan padat.
4. Angkat dan dinginkan.



Comments

Popular Posts