Ikan asam pedas (Malaysian style)

https://drive.google.com/uc?export=view&id=18iAPSXefyfkflw-0vOeqZWM5MnsL4wME

Saya dan suami duka banget ikan asam padeh ala urang malaysia ini, Simpel bikinnya dan enak serta bumbunya juga gak susah. Spesialnya lagi ikan asam pedas ini dicampur dengan okra atau bisa juga dengan terong ungu/hijau. Takaran pedas bisa diatur sesuai selera. 
nohon maaf Link ke yang punya resep saya lupa danngak ketemu lagi. Lagipula ini resep juga sudah saya modifikasi sesuai selera saya. Oh ya ikan yang digunakan bervariasi bisa tenggiri, tongkol dan saya kali ini pake salmon karena ini yang gampang dicari dan tersedia dihampir semua grocery store disini.

Bahan
4 potong filled ikan salmon (cuci bersih lalu kasih perasan air jeruk nipis dan garam. Dismkan lk. 15 menit lalu cuci bersih lagi).

1/2 kg okra ato terong - jika pake okra yang segar habis dicuci langsung dikeringkan dg tidsue dapur. Jika pake yang frozen, gongseng dengan api besar/maksimal sampai kering. 

1 buah tomat, belah 4 bagian
2 btg serai, memarkan
2 lembar daun jeruk purut
1 lembar daun salam
Air asam jawa 

Bumbu halus: 
1 bh bawang merah besar
3 siung bawang putih
Cabe kering/cabe biasa, sikahkan diatur takarannya menyesuaikan selera. 
1 sdt terasi
2 sdt merica hitam
Garam
Gula

Cara membuat

  1. Tumis bumbu halus, serai, daun salam dan dsun jeruk sampai wangi dan minyak terpisah. 
  2. Tuang sedikit air (lk 1 gelas) aduk rata dan didihkan. 
  3. Masukkan ikan. 
  4. Masukkan okra dan tomat. 
  5. Masukkan air asam jawa. 
  6. Masak dengan api kecil sampai matang dan kuah kental. 
  7. Angkat dan sajikan hangat. 







Bahan

Comments

Popular Posts