Toscakaka (Coconut cake/Cake kelapa)

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1ZOM-39TOoVcgovE8MvUpajOdljq-1Oid
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1ytDzQTo6_mW_D4myXrmwEWh6IchdhS1Z
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1XlQo8qyugXh5xuN2OHyqU6Z4MkPuBE09
Baking untuk dibawa ke acara ponakan dirumahnya, memperingati maulid nabi. Ada banyak varian glasir untuk cake ini, antara lain bisa pake irisan almond, kacang tanah, havre, parutan kelapa (kering) seperti yang saya bikin ini. 

Ini cake simpel dan cepat bikinnya, tipikal cake orang sini hehe..😃 tapi ini yang aku suka karena gak perlu berlama-lama berdiri di dapur. Bahan yang digunakan juga relatif simpel dan murah. 

Saya baking ini sebelum menyiapkan sarapan pagi, begitu cake masuk oven, saya siapkan sarapan buat keluarga. Selesai bikin sarapan saya bikin adonan glasir. Cepat kan? 

Resep saya nyobtek dari sini

Bahan
175 gr margarin
3 butir telur
1 dl susu cair (tawar)
4 dl tepung serbaguna
2 sdt gula vanili
2 1/2 dl gula pasir (saya pake 2 dl)
1 sdm susu bubuk
2 1/2 sdt baking powder

Glasir
100 gr margarin 
1 dl gula pasir
1/2 dl sirup gula (siap beli) - bisa diganti madu
2 sdm tepung serba guna
2 sdm susu cair
150 gr - 200 gr kelapa parut (saya pake kelapa parut kering) 

Cara membuat

  1. Set suhu oven 175 gr dan atur rak pada bagian bawah oven. 
  2. Lelehkan margarin. Jika sudah matikan api dan campurkan dengan susu. Aduk rata. Sisihkan. 
  3. Ayak bahan kering, tepung, susu bubuk, vanili dan baking powder. 
  4. Dimangkok terpisah, kocok telur dan gula sampai pucat dan kental. 
  5. Masukkan bahan kering dan aduk rata. 
  6. Tuang cairan margarin + susu. Aduk rata. 
  7. Tuang ke loyang  uk.30 x 40. 
  8. Panggang lk. 10-15 menit. 
  9. Jika sudah keluarkan dari oven dan tuang adonsn glasir diatas cake. Panggang kembali dibagian tengah oven lk.20 menit sampai permukaan kering dan kecoklatan. 
  10. Ambil dari oven dan dinginkan sebelum dipotong-potong dan disajikan. 
Glasir 

  1. Cairkan margarin dengan api kecil. 
  2. Masukkan sisa bahan glasir lsinnya dan aduk rata. 
  3. Angkat dan tuang dan ratakan diatas cake.


Comments

Popular Posts