Klappertaart (panggang)

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1R75m_WOQ8l7EtyH8IpqiBvEkntt67CTVhttps://drive.google.com/uc?export=view&id=15AcsxE3uxVNU8MPRIcw5JjHMQcH51ZQP
https://drive.google.com/uc?export=view&id=14F2E5teM3rA7xhEb1wVHGpugukzs3ddl
Dessert khas kota sulawesi utara ya kalo gak salah? 
Saya gak bisa berenti makan ini karena kesukaan saya. Biasanya saya kalo disuguhi custardnya orang india atau pakistan mah lewaaat, karena custard ala indonesia inj jauh lebih nikmat. Saya suka pake air kelapa muda sehingga rasanya lebih gurih dan khas banget. Sayangnya nyari kelapa muda yang agak sulit disini, maklum saya tinggal dikota kecil. Tapi begitu saya kesempatan sedang dikota besar, biasanya saya nyetok beli kelapa muda beku, nyampe rumah disimpan dikulkas, kapan saja pengen klappertaart tinggal bikin saja. Kalo air kelapa gampang nyarinya dan tersedia di toko halal dikota dekat saya tinggal. 

Resep klappertaart ada beragam dan buanyak variannya. Beberapa kali bikin klappertaart keju tapi kali ini berhubung ada stok daging kelapa muda dikulkas, langsung dieksekusi buat makan siang bareng dengan keluarga di rumah. 

Oh ya saya kelupaan masukkan kismis, padahal sudah saya siapkan lho 😃😃

Untuk cetakan bisa pake ramekin atau cetakan aluminium foil kecil. Saya pake pirex tahan panas karena praktis tis! 👍

Resep saya sadur dari sini

Yukkk kita mulai 😊

Bahan 1 
1 kg daging kelapa muda (saya pake siap pakai, jadi sudah dipotong-potong kecil)
500 - 600 ml air kelapa muda. 
1 cup tepung terigu
1/4 cup tepung maizena
3 butir kuning telur
2 sdt gula vanili
1 1/4 cup gula pasir (ini takaran saya kurangi, kl pengen lebih manis bisa ditambah sesuai selera) 
100 gr margarin (lelehkan)
1/4 sdt garam halus
1/4 cup susu bubuk

Bahan 2
3 butir putih telur (suhu ruang) 
Sejumput garam
1/4 sdt cream of tartar
1/4 cup gula pasir

Taburan 
Kismis 30 gr (bisa untuk taburan atau bisa diskip)
Kacang almond slices (taburan) 
Kayu manis bubuk

Cara membuat 

  1. Campur semua bahan 1 dan aduk rata. Saring. 
  2. Masak dengan api sedang cenderung kecil (saya pake panas level 3) sembari terus diaduk-aduk. 
  3. Ketika adonan sudah kental dan meletup letup, angkat. 
  4. Tuang diloyang dan ratakan. Sisihkan. 
  5. Sekarang masukkan bahan 2 dimangkok kering dan bersih. Kecuali gula. 
  6. Mixer dengan kecepatan tinggi sembari dimasukkan gula sedikit demi sedikit sembari terus dimixer sampai gula habis dan didapat meringue hard peak. 
  7. Jika sudah, ratakan diatas adonan custard. 
  8. Taburi kayu manis bubuk, kacang almond iris dan kismis. 
  9. Panggang di oven yg telah dipanaskan terlebih dahulu suhu 160 C selama lk. 20 menit. 
  10. Angkat dan dinginkan. 
  11. Lebih enak dimakan saat dingin, jadi biarksn dikulkas sampe dingin sebelum disajikan. 


Comments

Popular Posts