Bolu Karamel aka Bolu sarang semut

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1kSyuuRoAVItcxLl-H6BeguERGjsGaqGehttps://drive.google.com/uc?export=view&id=1m36ctiWnypgrg8m7Tdc80bTe9WYtT5vYhttps://drive.google.com/uc?export=view&id=1lHuPNliQrAqDg7kFu2jONK6_ZY0pnBlAhttps://drive.google.com/uc?export=view&id=1xtWgsSzAs3lejQ9N7SM0CXN-C2FaDALp


Ini resep jadoel juara pokokmen. Cakenya lembut, sarangnya cantik dan enak, harum pula. 
Pengen  cake jadoel dan traditional Indonesia. Ngecek bahan didapur ternyata stok tepung tapioka kosong. Sempat dua minggu berlalu, sampe gak sengaja buka facebook dan seseorang upload resep berikut foto cakenya. Duh ngeces dech. Bergegas berangkat ke toko asia beli tapioka dan hari ini langsung saya eksekusi. Lihat takaran gulanya sempet deg-degan karena kami menghindari konsumsi gula berlebihan. Tapi berhubung pengen ya dibikin juga hanya dengan takaran gula saya kurangi menjadi lk. 300 gr saja :P Hasilnya tetep enak dan manis. Silahken :)

Sumber resep : Dame Tobing
Rebake : @agustialidya88

Bahan-bahan karamel
500 gram gula pasir (saya pake 300 gr saja)
500 ml air panas2 lembar daun pandan (skip juga tidak apa, ini sebagai penambah aroma saja biar wangi)

Bahan bolu/cake
6 butir telur (suhu ruang)
150 gram susu kental manis
1/2 sdt vanilli bubuk
sdm soda bikarbonat/baking soda 
200 gram Tepung Terigu60 gram tepung tapioka
250 gram margarin (cairkan)

Cara membuat:
Karamel:
  1. Masak gula diatas api kecil, jika bagian bawah sudah keliatan mencair dan kecoklatan aduk pelan agar tidak gosong dan pahit. 
  2. Jika gula sudah mencair masukkan air panas sedikit demi sedikit agar tidak memercik keluar dan mengenai tangan. 
  3. Setelah semua air masuk biarkan hingga sekitar 3 menit lalu aduk dan pastikan butiran karamel sudah meleleh semua lalu angkat dan biarkan hingga hangat kuku.
Bolu karamel: 
  1. Panaskan oven (suhu 175-180 C).  Pasang rak pada bagian tengah.
  2. Kocok lepas telur, susu kental manis, vanilli dan soda bikarbonat/baking soda dengan menggunakan mixer (saya pake mixer listrik, hanya pake yg kecepatan rendah) sampai telur tercampur saja.
  3. Masukkan tepung terigu dan tapioka sambil di ayak aduk sampai rata dan halus.
  4. Tuang margarin cair kedalam adonan, aduk rata.
  5.  Terakhir masukkan gula karamel kedalam adonan kemudian aduk sampai benar rata lalu saring dan masukkan kedalam loyang tulban 24cm  yang sudah diolesi margarin atau minyak dan ditaburi tepung.
  6. Panggang bolu dengan suhu 180°C kurang lebih 1jam atau hingga matang, Cek kematangan cake dengan tusuk gigi ato lidi, Jika tusuk gigi keluar kering dan bersih maka cake sudah matang. Jika tidak, teruskan memanggang lk. 10-15 menit. 
  7. Keluarkan bolu dari loyang dan siap disajikan. 

Comments

Popular Posts