Pempek ikan herring (Strömming)



Ini pempek yang gampang bikinnya serta murah meriah. Kalau di Palembang penampakan pempek buatan saya ini mungkin setara dengan pempek kulit atau pempek ikan teri. Warnay abu kehitaman berasal dari warna kulit ikan. Tapi rasanya mirip saja. 

Pempek kreasi saya ini menggunakan ikan herring atau kalau di Swedia sini namanya sill atau strömming. Ikan kecil-kecil yang dijual dalam bentuk sudah dibelah dua dan tulang bagian tengahnya serta kepalanya sudah dibuang atau dibersihkan. Ikan ini berasal dari laut Utara Kalmar dan laut Baltik. Strömming dari laut utara memiliki ukuran kepala yang lebih pendek dibandingkan dengan strömming dari laut Baltik.
                                                                                                                          Courtesy : internet

Warga Swedia sini sangat gemar memakan ikan ini. Kebanyakan dibuat semacam acar atau asinan dengan bumbu-bumbu bawang, wortel mentah, merica, bay leaf, dan cuka. Strömmingnya dalam keadaan mentah atau digoreng dengan sedikit mentega sebentar, lalu direndam kedalam campuran bumbu tersebut dan dibiarkan miminal semalaman. Biasanya disajikan untuk sandwich atau roti.

                                                                                                                 Courtesy : wikipedia

Nah kalau saya lebih suka saya buat pempek ala wong kito galo, dicocol kuah cuko nan pedas..cucok untuk menghangatkan badan saat musim dingin seperti sekarang ini.

Resepnya silahkan diklik disini : Pempek ikan herring (strömming)

resep kuah cuko, bisa dicek disini : Kuah Cuko


Hanya saja kali ini saya buat bentuk bulat, jadinya lebih cantik kayak bakso. Saat menggoreng sebaiknya gunakan api sedang agar pempek matang secara keseluruhan. Gunakan minyak yang banyak untuk goreng rendam, ketika digoreng pempek mengapung itu pertanda pempek sudah matang, nah kita tinggal mengatur jika pengen pempek garing ya lanjutkan mengoreng untuk beberapa menit. Jika tidak angkat dan gulingkan diatas tissue dapur untuk menyerap kelebihan minyak.

Popular Posts