Carrot Burfi



Bagi penggemar masakan atau sweets asal India atau Pakistan, pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya Gajar ka Halwa, yaitu sweets/dessert yang terbuat dari parutan wortel yang dimasak menggunakan susu, ghee, gula, kapulaga hijau bubuk sebagai pengharum, lalu disajikan dengan taburan kacang almond atau pistasio. 

Dessert ini sangat populer di India dan pakistan. Biasanya disajikan untuk perayaan hari besar keagamaan disana. Tapi sekarang dessert ini sudah mendunia dan dengan berbagai macam variasi dan kreatifitas.

Saya termasuk salah satu penggemar dessert Gajar Ka Halwa, hanya saja biasanya kalo asli buatan orang sana, muanise gak ketulungan, gak kuat saya.  Solusinya ya buat sendiri saja karena bahan dan cara membuatnya relatif gampang. Kalau menggunakan susu cair maka pas ngaduknya lumayan memakan waktu dan juga lumayan buat melatih mengencangkan otot biseps hehe....luama, karena mirip seperti mengaduk dodol made in Indonesia. Tapi masalah ini bisa disiasati dengan menggunakan susu bubuk, jadi gak pake lama. 

Penyajian Gajar Ka Halwa biasanya disajikan begitu saja dipiring dengan taburan kacang almond atau pistasio. Tapi bikinan saya, saya buat dengan tampilan agak cantik dikit. Dipadatkan diloyang, lalu diiris-iris, cantik. Resep Gajar Ka Halwa bisa diklik disini : Gajar Ka Halwa

Tetapi kali ini saya membuat varian lain dari Gajar Ka Halwa, namanya Carrot Burfi (Gajar Burfi), Gajar artinya carrot-wortel. Kalo burfi artinya disajikan dengan diiris-iris kayak cake biasa begitu. Bahannya sama persis, hanya saya menggunakan susu bubuk...jadi bisa dikatakan ini versi cepat dan praktis membuat gajar ka halwa.

Sumber resep : disini

Adonannya saya tambahkan kismis, biar ada rasanya asam-asamnya saat digigit ;D. 
Saya bikin dobel resep, jadinya cukup untuk loyang brownies.

Silahkan bagi yang kangen dengan dessert ala orang Asia Selatan. Bikinnya gampang kok.....

Bahan
550 gr wortel (kupas, cuci bersih dan parut)
1 cup susu bubuk
1/2 sdt kapulaga hijau bubuk
1/3 cup gula pasir
2 sdm mentega/margarin
1 sdt mentega leleh (untuk olesan loyang)
sejumput garam

Garnis
Irisan kacang almond atau pistasio

Cara Membuat
1. Panaskan wajan teflon menggunakan api sedang. Lelehkan mentega.
2. Masukkan parutan wortel, aduk terus sampai matang.


3. Tambahkan susu bubuk (baiknya sembari diayak, agar tidak menggumpal), masukkan sedikit 
    demi sedikit sembari diaduk, agar tidak menggumpal.
4. Masukkan kapulaga bubuk, garam,. Aduk rata.



5. teruskan memasak dan diaduk sampai adonan kental dan cairannya habis.
6. Ketika adonan sudah kental dan bisa dipulung, angkat.
7. Tuang ke loyang dan padatkan. Taburi irisan kacang almond dan sedikit agak ditekan biar tidak
    lepas.


8. Biarkan sampai dingin.
9. Potong-potong dan sajikan.

Popular Posts