Sop Kambing



Kali ini saya pengen menyajikan olahan daging kambing dengan rasa Indonesia. Karena sering banget masak olahan daging kambing tapi selalu saya masak ala Asia Selatan. Ada banyak pilihan cara mengolahnya untuk versi Indonesia, tapi saya menghindari pemakaian santan biar gak dobel kolesterol. Akhirnya saya bikin sop saja, dengan menggunakan bumbu komplit dan wangi.

Daging kambing yang saya punya hasil dari beli ke peternak disini langsung, suami dengan dibantu beberapa temannya yang menyembelih. Selain halal, tentu saja yang sangat saya suka daging kambing lokal adalah tidak bau samasekali, seperti kalo beli daging impor. Gak tahu kenapa, apakah karena disini tidak ada polusi, bersih dan makanannya, saya juga kurang tahu. Tapi beneran, tidak ada bau perengus atau bau amis samasekali. Biasanya saya stok banyak, satu kambing dibagi dua dengan yang lain atau kalo ukurannya kecil yaa cukup untuk persediaan beberapa bulan, karena kebetulan suami lebih suka daging kambing daripada daging sapi.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara saya membuat sop kambing yang makyus. Sumber resep silahkan diklik dibawah, tapi tentu saya tambahkan beberapa bumbu yang kira-kira menurut saya akan lebih mantap, ternyata benar, rasanya OK punya. Silahkan dicoba...:)

Sumber : disini

Bahan
1 kg kambing (tulang dan daging, mixed)
2 liter air
3 buah kentang uk. sedang (kupas dan potong/belah dua)
2 buah wortel (kupas dan potong-potong)
Kubis (Jika suka)
3 buah tomat (belah 4)
4 butir kapulaga hijau
4 butir cengkeh
2 cm kayu manis
2 cm jahe
2 buah star anise

Bumbu halus
4 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk
1 sdt merica putih bubuk
1 sdt jintan bubuk
1 sdt pala bubuk
2 cm jahe
5 siung bawnag putih
1 buah bawang bombay
1 sdt adas manis (fennel seeds)
2 sdt garam (sesuai selera)
2 lembar daun salam

Garnish
Irisan daun bawnag
Seledri/daun ketumbar
Bawang goreng
Sambal
Emping (jika punya)

Cara Membuat
1. Cuci bersih daging kambing, tiriskan.
2. Rebus, jika sudah mendidih, buang airnya.
3. Tambahkan air bersih, jahe, cengkeh, kapulaga hijau, star anise, kayu manis, daun salam dan daging
    kambing. Rebus sampai mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api pada level rendah dan tutup.
4. Sementara itu tumis bumbu halus sampai wangi.
5. Masukkan ke kuah sop. Didihkan.
6. Saat daging sudah mulai empuk, masukkan kentang. Lanjutkan memasak.
7. JIka daging sudah matang, masukkan wortel dan tomat.
8. Masak untuk beberapa saat sampai sayuran setengah matang.
9. Angkat.
10. Sajikan segera dengan taburan daun bawang, seledri dan bawang goreng serta sambal.

Comments

Popular Posts