Roast Lamb Leg



Dibawain oleh-oleh suami sepasang kaki kambing, bukan cuman kakinya saja, tapi dari bagian paha sampai ke pangkal kaki. Wahhh...mayan liatnya saya langsung mikir mau saya panggang saja, karena lebih simpel ketimbang saya harus ngeluarin golok (baca : pisau daging) untuk memotong-motongnya. Lagipula bosan juga kalo dimasak pake kuah/masala sepanjang tahun, yang lian dong...? ;D

Setelah survei sejenak tanya mbah gugel, akhirnya saya pengen pake basic bumbu indian style saja, karena saya akui olahan daging kambing orang asia selatan memang patut diacungin jempol. Bau? gak samasekali, karena daging kambing dari sini gak bau samasekali, plus pake bumbu orang asia selatan smakin menambah makyusnya hidangan yang satu ini.

Saya marinated dulu semalaman, dengan dibungkus pake aluminium foil biar besok ketika hendak dipanggang, gak susah harus ngebungkusnya lagi. Teknik memanggangnya sedikit memakan waktu, karena saya pakai suhu rendah 150 C, lama pemanggangan 4 jam! wow.....ya sabar memang, karena sebanding dengan rasanya..aduhaiii...boleh dech dicoba untuk membuktikannya..;)

Yuuukkk, mari kita lihat gimana caranya.

Sumber resep : disini

Bahan
2,5 kg kaki kambing (cuci bersih dan tiriskan, iris-iris dibeberapa bagian dagingnya sampai menyentuh tulang dan tusuk2 dengan garpu)
150 gr plain yogurt
3 sdt cumin bubuk (jintan bubuk)
2 sdt garam (atau sesuai selera)
1/2 sdt kunyit bubuk
2 sdt cabe bubuk (atau sesuai selera)
2 sdm tomat paste
juice dari sebuah lemon
1 sdt cabe kering (hancurkan kasar)
1 sdt adas manis bubuk
satu paket daun ketumbar (cincang halus)
satu paket daun mint (cincang halus)
1 sdt brown sugar 
1-2 sdt merica bubuk

Cara Membuat
1. Aduk rata semua bumbu.
2. Letakkan kaki kambing diatas aluminium foil.
3. Masukkan bumbu kesela2 irisan daging dan oleskan (dengan sedikit ditekan seperti gerakan memijat, maksudnya supaya bumbu meresap) semua bumbu pada semua bagian kaki kambing sampai benar-benar rata.
4. Jika sudah rata, bungkus rapat menggunakan aluminium foil.
5. Simpan dikulkas semalaman.
6. Keesokan harinya, ambil dari kulkas dan diamkan sampai mencapai suhu ruang (lk. 1 jam).
7. Sementara menunggu , panaskan oven maksimal (oven saya 250 C).
8. Masukkan kaki kambing dan turunkan suhu oven pada level 150 C.
9. Panggang lk. 4 jam.
10. Matikan oven dan ambil kaki kambing.
11. Enjoy dengan naan, chapatti, sauce mint atapun coucous.


Comments

Popular Posts