Pastel




Tergiur dengan postingan pastel teman di wall FB-nya...dan juga untuk kegiatan putri saya yang agak demam, sehingga tidak sekolah kemarin. Biar gak bosan dirumah saja, saya ajak dia bikin pastel. Saya buat dulu isiannya yang terdiri dari peas (kacang polong), wortel, kentang, ayam dan telur. Keisha yang nyetak kulit dan membentuk pastelnya menggunakan cetakan khusus untuk membantu dia lebih mudah mengerjakannya. Dengan diberi contoh dia langsung bisa mengerjakan sendiri. Saya hanya mengawasi dan mengangguk-angguk sembari memberi pujian, biar dia percaya diri dan semangat terus...ini penting buat anak-anak dalam proses belajar mereka ;)

Sumber resep dari Resep keluarga Nugraha, hanya saja beliau menggunakan gilingan pasta sehingga hasil kulitnya pastilah sangat bagus, karena menggunakan kulit pasta bisa diperoleh ketebalan kulit yang bisa kita atur sesuai keinginan, selain itu tentu lebih cepat dan rapi. Nahh...saya mengerjakannya secara manual. Karena menggilasnya menggunakan rolling pin, maka takaran cairan saya tambah karena tentu akan lebih mudah digilas jika adonan kulit sedikit lebih lembut dan lunak.

Untuk bahan isian juga, saya sesuaikan dengan stok yang ada di dapur saya. Bihun saya skip, karena ternyata stok saya tinggal sedikit sekali. 

Hasilnya ? enak dan komentar suami 'Its samosa?' Iya memang bener, samosa ala Indonesian. Kalo made in South Asia dibentuk segitiga dan dengan bumbu wangi khas mereka. Kalo pastel selain bentuknya beda, juga dengan bumbu khas orang Indonesia.

Menurutku memang enak atau tidaknya pastel, sangat ditentukan oleh kulitnya, renyah atau tidak, dan juga rasanya. Resep ini lumayan enak, kulitnya renyah dan tetap renyah meski dalam keadaan dingin sekalipun.
Silahkan dicoba...:)

Bahan

Kulit
300 gr tepung
50 gr tepung maizena
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 butir telur 
50 gr mentega /margarin (lelehkan)
150 ml air

Isian
2 buah wortel (kupas dan parut kasar)
100 gr kacang polong 
3 buah kentang (rebus dan iris2 kotak kecil)
1 buah fillet dada ayam (potong-potong kotak kecil)
5 butir telur (rebus dan potong memanjang menjadi 4 bagian)
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
2 sdt gula pasir
1 sdt chicken powder
1 buah bawang bombay (cincang halus)
4 siung bawang putih (press)
1 batang seledri (cincang halus)
Margarin (utk menumis)

Cara Membuat
 Isian
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan margarin, sampai wangi dan layu.
2. Masukkan potongan daging ayam, aduk-aduk dan masak sampai kaku dan berubah warna.
3. Masukkan sayuran dan kentang rebus, aduk rata.
4. Beri garam, merica bubuk, gula dan chicken powder.
5. Masak sampai matang.
6. Angkat dan dinginkan.

Note : saya tidak menggunakan air lagi karena saya pakai fillet ayam frozen dan kacang polong frozen,
           yang meskipun sudah didefrost tetap mengandung sedikit cairan. Sehingga cairan saya skip. 
           Jika dirasa terlalu kering, bisa ditambahkan sedikit air untuk mematangkan sayurannya.

Kulit
1. Masukkan semua bahan kedalam FP, nyalakan sampai adonan menggumpal (lk 5 menitan)
2. Diamkan sebentar (lk. 15 menit)
3. Gilas tipis menggunakan rolling pin.
4. Cetak bulat menggunakan cetakan diameter yang sedikit lebih besar dari cetakan pastel/dumplingnya.


5. Ambil kulit dan letakkan diatas cetakan pastel, tekan bagian tengahnya dan beri sedikit bahan isian +
    telur rebus. Olesi tepinya dengan air, rekatkan dengan hati-hati.




                                      Ambil bagian diluar cetakan menggunakan bantuan pisau/sendok
                                      atau tangan, biar bentuknya nanti rapi :)


6. Ambil dan goreng rendam menggunakan minyak yang sudah dipanaskan menggunakan api sedang
    terlebih dahulu.


7. Sajikan hangat dengan pelengkap cabe rawit atau sambal botol.






Comments

Popular Posts