Kue Mangkok



Masih lanjutan tape series....hehe..

Sengaja saya simpan tape singkong buatan saya beberapa waktu lalu, menunggu sampai tapenya betul-betul lembek untuk dieksekusi kemarin menjadi kue mangkok. Agak berlebihan sebetulnya saya pakai tape karena nanggung kalo disisakan sedikit, akhirnya saya masukkan semua, tapi tak terlalu banyak kok, sekitar 50 gram.

Uji coba pertama bikin kue mangkok....rasanya? hmmm.....enak sich tapi jujur saya kurang puas dengan hasilnya, tidak sempurna seperti yang sering saya makan kalo pas di Indonesia. Buatan saya ini teksturnya agak lengket, apa karena kelebihan tape yak ? atau memang resep yang saya pake kurang paaasssss? tak tahulah. Kue mangkok yang saya idamkan adalah yang teksturnya lembut dan ringan. 


Kesalahan lainnya yang saya buat adalah cetakan (mungkin) pertama saya pakein cetakan bolkus (ynag berlubang), saya alasi kertas muffin...hasilnya mekar sempurna, hanya ya itu lengket dikertas muffinnya tentu. Dan adonan sisa, baru saya pakein cetakan muffin..bagus hasilnya, hanya kurang mekar...mungkin karena menunggu hasil kukusan pertama selesai, apa karena itu ? 

Next time akan saya coba lagi dengan resep lainnya ;D

Sumber resep : disini


Bahan
200 gr tepung beras
150 gr tape singkong (buang bagian keras ditengahnya)
100 gr tepung terigu
150 ml air
175 gr gula pasir
200 ml air dingin
150 ml air soda manis 1 sdt baking powder
75 gr gula pasir

Cara Membuat
1. Campur tape dan 175 gr gula, remas-remas pakai tangan sampai tercampur rata. Sisihkan.
2. Campur tepung beras dengan air dingin sampai rata dan halus. Sisihkan.
3. Masak air + 75 gr gula sampai mendidih, angkat dan masukkan tepung sedikit demi sedikit
    sembari diaduk sampai rata.
4. Campur adonan tape dan tepung beras, uleni sampai rata.
5. Masukkan adonan terigu dan uleni sampai benar2 rata dan tidak ada gumpalan lagi.
6. Masukkan Baking powder, aduk rata.
7. Tuangi sedikit demi sedikit air soda sembari diuleni rata. Lakukan sampai air soda habis.
8. Panaskan cetakan dikukusan sampai benar2 panas dan banyak uapnya.
    Bungkus tutup kukusan dengan handuk bersih (untuk mencegah air kukusan jatuh kembali ke kue).
9. Tuang kedalam cetakan sampai penuh (atau 2/3 penuh), tutup rapat lk. 20 - 25 menit
    (kukusan dilarang dibuka selama mengukus!).
10. Jika sudah, angkat dan dinginkan.


Comments

Popular Posts