Martabak Palembang

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1KyLWv55KJaaEFHJ10SSk-1T-r0lnlYvc
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1XQL9jePOuzEaoOaIgvq51KuxhdPF6j5uhttps://drive.google.com/uc?export=view&id=17-kI-NJP2wz6mdVt19QJ2qoYW4VUdsue
Menu buka puasa hari pertama dan puasa tanpa gorengan kok rasanya kurang mantep, meski sebetulnya tidak dianjurkan 😐
Kali ini saya mencoba merekam resep martabak wong kito galo aka Palembang. Bumbu saya kira-kira saja tapi berusaha mendekati rasa martabak seperti yang sering saya cicipi dimasa kecil dan semasa masih tinggal di kota Palembang. Isian saya pake kornet kali ini dan rasanya menurutku lebih baik kalo pake daging cincang. Tapi krucils suka banget dengan martabak ini. Begitu juga dengan Paksu suka banget karena mirip dengan penganan samosa ala Pakistan ato india. 
Martabak ini saya buatkan cuka merah untuk pasangannya, InshaAllah nanti saya tuliskan resep cuka bangka atawa cuka merah.

Bahan 
Isian
100 gr wortel, kukus setengah matang, potong dadu
200 gr kentang, rebus lalu potong dadu
1 butir telur
150 gr kornet
2 btg daun bawang, iris halus
1 btg seledri, iris halus

Bumbu
Merica bubukGaramKaldu bubuk3 siung bawang putih, haluskan6 butir bawang merah, haluskan
Kulit250 gr tepung serba guna150 liter air suhu ruang2 sdm margarin, lelehkanGaram
Cara membuat
Isian

  1. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
  2. Masukkan bahan isian lainnya, aduk rata.
  3. Tambahkan merica, garam dan kaldu bubuk, aduk rata.
  4. Tumis sampai matang.
  5. Angkat dan sisihkan.
    Kulit
  6. Campur semua bahan kulit.
  7. Aduk rata dan uleni sampai kalis.
  8. Bagi adonan menjadi lk 10-12 bagian.
  9. Tipiskan. 
  10. Letakkan lk 1,5 sdm bahan isian dan tutup seperti amplop.
  11. Goreng rendam dengan minyak panas menggunakan api sedang. 
  12. Angkat.
  13. Siap dihidangkan. 




Comments

Popular Posts