Saus jamur Chanterelle (Chanterelle sauce)

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1rVSNk6NIQtyCBV72rXvsqdJrMLoZWKQChttps://drive.google.com/uc?export=view&id=1VmxMy2kC-u4I1gwQr_lNZO-TGXQKSlkX
Diakhir musim panas dan menjelang musim gugur begini jamur chanterelle (orang sini menyebutnya kantarel) menjamur aka banyak ditemukan dipasaran. Banyak yang pergi ke hutan khusus untuk panen jamur ini, lalu begitu banyak orang yang menjual. Harganyapun relatif murah. 

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1XOK4b_M3FmDiJpZpSPPqVcNwhwxxzlVz

Awal ya saya kurang tertarik untuk membeli karena gak tahu dimasak gimana yang enak dan sesuai selera kami. Kemarin pas belanja disupermarket, didepan pintu ada sepasang suami istri yang jual jamur ini. Iseng saya beli karena kebetulan Keisha sempat cerita saat dirumah temannya disajikan jamur ini, ditumis dengan bumbu garam doang 😃 Keisha cerita sambil gedek-gedek haha. Tapi Tasha ikutan nimbrung kalo di sebush resto dia sempat mencicipi kantarel sauce n fia bilang enaak. Nah karena penasaran..saya beli sekilo harganya 100 kr/kg. 

BTW apa ya nama jamur ini di Indo?

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1tNN9uOcSyEWKgKlEQ0MTXMSyYGWcWnAD
Dengan riang gembira saya panerkan hasil belanja saya ke anak-anak dirumah 🤣🤣
Hari ini saya masak pasta dan chanterelle sauce, tentu dengan bumbu yang saya sesuaikan dengan selera kami. Hasilnya? semua bilang enak! Termasuk suami yang sangat anti dengan masakan ala westernpun ikutan rebutan tadi 😃 karena saya masak hanya separuh saja. Maklum percobaan, takutnya kalo saya masak semua iya kalo enak, laaa kalo gak enak? kan sayang gak ada yang mau makan. 

Mari kita mulai ya? Resep saya sadur dari sini

Bahan
500 gr jamur chanterelle (cuci bersih dan potong kecil)
1 bh bawang bombay - cincang halus
3 siung bawang putih - cincang halus
1/2 sdt merica bubuk
2 sdt saus tiram
1/2 cup air kaldu sayur atau kaldu ayam (alternativ air + 1 blok kaldu bubuk) 
1/2 cup krim 
Garam 
2 sdm mentega 
1 sdm tepung terigu
seledri cincang (taburan)

Pasta - sphagetti/Tagliatelle/atau pasta lainnya 

Cara membuat

  1. Panaskan 2 sdm mentega
  2. Tumis dengan api rendah bawang bombay sampai transparant
  3. Masukkan bawang putih, tumis sampai harum 
  4. Sisihkan ditepi wajan, masukkan jamur, tumis dengan panas tinggi sampai layu (lk.2 menit). 
  5. Aduk jamur dan bawang lalu masukkan tepung, aduk rata. 
  6. Tuang air kaldu dan krim. Aduk rata. Jika sudah mendidih, Kecilkan api. 
  7. Masukkan saus tiram, merica, garam. Aduk rata. 
  8. Masak saus sampai kental dengan api kecil. 
  9. Angkat dan sajikan dengan pasta. 
  10. Taburi seledri cincang. 
  11. Sajikan segera. 

Comments

Popular Posts