Pide bread (Turkish bread)

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1W2A-v5pF-nezQRXkAsj_Nuw4ew_ApAFZ

https://drive.google.com/uc?export=view&id=1CE5YMhGzmvmJo1u9N9kpN2Pmrv-LZjqRhttps://drive.google.com/uc?export=view&id=1NIjjr714eKtY4V3pGBwot7iL2dDaRzcc

Suami dan anak- anak lebih suka roti daripada nasi, makanya saya sering bikin roti. Sudah mencoba berbagai resep roti dan beberapa diantaranya saya simpan diblog ini agar mudah kalau misalnya pengen bikin 

Kali ini saya bikin roti pide namanya, roti khas turki. Roti ini biasanya disajikan untuk sarapan tapi kami biasanya untuk makan siang atau malam. Roti ini butuh waktu karena beberapa kali harus didiamkan (proofing). Tapi hasilnya memang enak dan penampakannyapun cantik. Suami dan anak- anak lebih suka roti pide ini dibanding focaccia (roti favorit saya). 

Resep saya peroleh dari seorang kenalan asal turki. 
Selamat mencoba! 

Bahan
7 1/2 dl tepung serbaguna
2 sdt ragi kering
1 sdt garam
1/2 sdm madu 
1,5 dl susu cair
1,5 dl air
1/2 sdm minyak goreng

Cara membuat:

  1. Campur susu dan air, hangatkan sampai hangat kuku. 
  2. Masukan ragi kedalam susu hangat. Tutup dan diamkan sampai berbusa lk. 5 menitan.
  3. Masukkan sisa bahan lainnya dan uleni sampai kalis. Saya nguleni pake mesin lk. 8 menit.
  4. Tutup dan diamkan sampai dobel lk. 60 menit.
  5. Uleni sebentar dan bagi adonan menjadi dua. Bulatkan seperti bola dan tutup dg serbet kering dan bersih lk. 10 menit.
  6. Ambil masing2 adonan dan letakkan pada bakingpapper. Pipihkan dan diamksn lk. 5 menit. 
  7. Bentuk monster pada permukaan adonan dg menggunakan jari (lihat gambar diatas). 
  8. Diamkan lk. 45 menit.
  9. Panaskan oven pada suhu 200 C. Olesi permukaan roti dg telur dan taburi dengan biji wijen. 
  10. Panggang lk 20 menit. 
  11. Angkat dan tutup dg serbet kering dan bersih (agar roti tidak kering). 
  12. Sajikan. 

Comments

Popular Posts