Portuguese Orange Cake




Cake ini menjadi salah satu favorit kami dirumah untuk teman minum teh. Selain segar dengan rasa jeruk, juga jauh lebih sehat karena menggunakan minyak zaitun, tahulahBahkan ya manfaat minyak zaitun ? ;)

Apalagi suamiku harus diet lemak, sementara dia tukang makan, apalagi cake pasti dia gak bakal tahan untuk puasa ketika mendapati cake didapur :D. Dilsaat gak ada cake dirumah dia suka nagih. Nah, ini salah satu sajian lebih sehat dibanding cake lainnya yang menggunakan mentega atau margarin.

Cake ini teksturnya padat menul-menul tapi lumer ketika dimakan. Akan terasa lebih makyus apabila didiamkan terlebih dahulu semalam, jadi kemarin baking, hari ini baru disajikan.....diamkan sehari atau dua hari akan lebih nikmat. Ini gak sempat mendiamkan dua hari, karena nungguin sehari saja sudah gak tahan...haha...Makanya begitu saya keluarkan keesokan harinya, pas kebetulan ada tamu lagi, si tamu minta dibungkusin pulang...haha...

Sumber resep : Manila Spoon

Minyak olive yang dipake sebetulnya dari resep asli, katanya ada yg spesial gitu, tapi saya pake yang ada didapur saya saja. Hasilnya makyus...silahkan dicoba.
Oh ya jeruknya jenis jeruk Naval...kurang faham namanya di Indo...:D


Takaran gula saya kurangi, resep asli menggunakan 2 1/2 cup gula, saya pake 2 cup saja dan manis kok. Apalagi kalo seandainya mau dipakein glasir..2 cup gula sudah cukup. Garam juga, 11/2 sdt menurutku terlalu banyak, makanya saya hanya pake 1/2 sdt saja, hanya utk menguatkan rasa manisnya saja.

Bahan
4 buah jeruk naval (cuci bersih dan keringkan. Parut kulitnya dan ambil sari airnya, dapat 1 cup lebih dikit)
4 butir telur (suhu ruang)
1 cup minyak zaitun (virgin)
3 cup tepung multi purpose
1/2 sdt garam
2 sdt baking powder
2 cup gula pasir butiran halus



Cara Memasak
1. Panaskan oven pada suhu 175 C dan atur rak pada bagian tengah.
2. Siapkan loyang tulban, olesi dengan lemak dan taburi dengan tepung.
3. Ayak tepung bersama baking powder dan garam. Sisihkan.
4. Dimangkok besar, menggunakan elektrik mixer, kocok telur sampai rata.
5. Masukkan gula, kocok sampai pucat dan kental (lk 4-5 menit).
6. Turunkan speed mixer ke sedang/rendah. Masukkan tepung dan olive oil bergantian, dimulai dengan tepung, lalu olive oil, begitu seterusnya. Saya bagi tepung menjadi tiga bagian dan olive juga tiga bagian, masukkan pertama tepung, lalu minyak zaitun, bergantian sembari terus dikocok rata.
7. Masukkan parutan kulit jeruk, aduk rata.
8. Masukkan jus jeruk, aduk rata.
9. Tuang kedalam loyang dan panggang lk. 1 jam (60 menit).
10. Cek dengan tusuk gigi, jika setelah ditusukkan kebagian tengah kue, ternyata keluar dlm keadaan kering dan bersih, maka kue sudah matang. Jika masih basah, lanjutkan memanggang untuk beberapa menit.
11.Nagkat dan dinginkan 5 menit, lalu keluarkan dari loyang.
12. Jika hendak diberi glasir, tunggu sampai kue benar2 dingin.
13. Kue ini akan terasa lebih nikmat jika didiamkan semalaman sebelum disajikan.


Popular Posts