Frozen Cake (Versi 2)












Ini cake versi kedua, versi yang saya buat untuk perayaan ultah krucils dirumah. Perayaan ultah yang geger dan gegap gempita, karena rencana awal adalah BBQ party, dihalaman rumah yang luas dan hijau. Tiap hari saya dan anak-anak berdoa agar gak hujan, agar cuaca bagus, tapi apa daya saat hari H memang gak hujan tapi anginnya Subhanallah sangat kencang. Suami yang bertugas mengatur meja dan kursi serta perlengkapan BBQ menyarankan agar pestanya diganti di rumah saja. Saya bersikeras karena  gak kebayang pesta didalam rumah dengan segitu banyak tamu, apalagi anak-anak ..bisa sutris saya.

Lalu saya sendiri yang mencoba turun tangan, mengatur meja dan memasang semua dekorasi, tapi angin menerbangkan semua balon yang sudah dengan susah payah ditiup seorang teman sendirian dan manual (Terima kasih Laili...:D). Bahkan tutup alat memanggang sampai terlempar cukup jauh karena angin yang super kencang, taplak meja tetap beterbangan meski sudah diklem dipinggirnya. Akhirnya saya menyerah, karena sangat berbahaya menyalakan api dipemanggang dengan kondisi cuaca begini.

Kalang kabut saya dan teman menyiapkan semuanya didalam rumah, masakan yang sedianya di BBQ terpaksa, saya panggang pake oven kompor. Tamu yang sudha berdatangan, pada turun tangan ikut berjibaku didapur. Belum lagi suk-sukan dirumah yang kecil dan sempit...hikss.

Sungguh saya tidak siap saat itu...sampai-sampai dua kamar tidurpun jadi tempat makan. Kebayang kan kerja rodi saya keesokan harinya membersihkan rumah.. :p

Tapi Alhamdulillah anak-anak senang...ini yang paling penting #MenghiburDiri :D

Ya sutralah, yang lalu biarlah berlalu, yang belum dibuat lagi lho??? hihihi....

Kembali ke laptop eehh ke frozen cake versi dua.

Resep Base Cake bisa dilihat disini :  Base Cake

1. Frosting (Buttercream)

Sumber resep : disini

Bahan
1 cup salted butter (lk. 226 gr) (suhu ruang)
1 sdt vanili bubuk
2 cup gula bubuk (resep asli menggunakan 4 cup)
3 sdm coffe cream 

Cara Membuat
1. Kocok mentega sampai benar-benar lembut dan putih.
2. Masukkan vanili, kocok terus.
3. Masukkan gula halus sedikit demi sedikit (saya masukkan per 1/2 cup), dengan begini
    memudahkan untuk mengatur tingkat rasa manis buttercream suai dengan selera. Jika dirasa sudah
    cukup manis, maka hentikan pemakaian gula, jika tidak maka ditambah 1/2 cup lagi. 
    Begitu seterusnya. Selera saya mengatakan hanya menggunakan 2 cup saja.
4. Atur konsistensi buttercream dengan cream, masukkan per 1 sdm. 





2. Filling : Lemoncurdmousse

#Maaf kelupaan difoto....:D

Sumber resep : disini

Bahan
6 butir kuning telur
4 butir lemon (ambil airnya dan parut kulitnya)
2 dl gula pasir
150 gr mentega (lembut dan suhu ruang)
3 dl whipped cream

Cara Membuat
1. kocok putih telur, jus lemon, gula, parutan kulit lemon menggunakan mangkok gelas/stainless 
    diatas panci berisi air mendidih diatas kompor menggunakan api kecil. 
2. Kocok sampai gula larut dan adonan kental.
3. Angkat dan masukkan mentega, aduk sampai mentega larut. Sisihkan.
4. Kocok cream sampai kaku.
5. Masukkan adonan lemon, aduk rata.
6. Biarkan dingin atau masukkan ke kulkas sebelum digunakan.

3. Ice Candy


Ceritanya kan si Queen Elsa punya kekuatan menciptakan es dan salju, nah kurang afdol kalo kedua unsur ini tidak ada pada frozen cake. Keisha tanya 'Mamma, Queen Elsa have power to create ice and snow. So, where's the ice and snow?'

Ok dech Nak, saya siapkan. Bikinnya gampil dan bahannya dikit aja, hanya 3 macem saja. Hasilnya sungguh lucu dan mengemaskan. Menampilkan es diatas cake sebagai simbol kekuatan Queen Elsa. 

Bahan
2 cup gula pasir
1/2 cup glykossyrop  atau corn syrup
1 dl air
pewarna makanan blue ice

Cara Membuat
1. Campur semua bahan (kecuali pewarna).
2. Masak menggunakan api sedang/rendah.
3. Masak sampai betul-betul kental (suhu 140 C).
4. Jika sudah, angkat, beri beberapa tetes pewarna biru, dan siramkan diatas baking paper.
5. Dinginkan.
6. Jika sudah dingin, akan mengeras..nah siap beraksi dech dipukul sampai menyerupai pecahan es.
7. Siap membangun ice castle! ;D








Comments

Popular Posts