Mie Bakso Ayam




Bakso ? siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini. Ini salah satu alternatif favorit dikala malas makan nasi, dikala flu mulai menyerang, disaat kepala mulai kliyengan karena flu atau tugas numpuk maka makan semangkok bakso super pedas bisa jadi menjadi obat mujarab. Keluar rumah maka hampir bisa ditemukan yang jualan bakso, disetiap pojok jalan, food court mall, bahkan gerobak dorong depan rumah sliweran setiap jam. Tinggal siapkan duit dah dech rasanya mau asin, pedas, manis, asem,silahkan distel sendiri. Mau pake ake mie putih atau mie kuning, atau malah gak usah pake mie, pake bakso pinpong, bakso tenis, bahkan bakso keju juga ada dan tersedia aneka ukuran dan isian bakso. Juga boleh kalo mau sendoknya yang dibanyakin, makannya keroyokan dan patungan hehehe...;D

Berhubung di negeri orang ini gak ada yang jualan bakso yaaa...terpaksa terus belajar dan berekperimen membuat bakso, mulai dari baksonya keras, terlalu lembek, berjerawat dan sebagainya, semuanya sudah saya alami. Alhamdulillah meski gagal teteup aja ludes...jadi gak ada yang mubazir :D.

Kemarin akhirnya saya bereksperimen lagi dengan bakso, bakso daging ayam. Kalo bakso daging sapi saya gak punya mesin penggiling daging sendiri. Pernah dulu saya pakein blender, hasilnya bukan bakso tenis tapi blender saya yang rusak. Bisa sich beli daging giling yang sudah jadi, tapi hasilnya nanti bakso full jerawat, karena kadar lemaknya terlalu tinggi. Jadi, kalo mau bikin bakso daging sapi sebaiknya pake daging yang paling sedikit kadar lemaknya, lalu giling beberapa kali sampai benar-benar halus. Ini sich teorinya saya sudah khatam, tapi prakteknya gak tahu...:p.

Kalo bakso ayam, relatif mudah karena daging ayam (bagian dada) relatif lembut sehingga bisa saya haluskan menggunakan blender. Kalaupun beli daging ayam giling, juga hasilnya bagus karena kandungan lemaknya sedikit sekali sehingga hasilnya cukup mulus.

Yang perlu dicatat saat membuat bakso adalah takaran tepung sagu/tapioka adalah 15% -20 % dari takaran daging cincang yang dipake. Lalu disaat merebus baksonya, air rebusan tidak boleh sampai mendidih atau meletup-letup begitu, cara mensiasatinya ketika air rebusan sudah mendidih, turunkan panas ke level sedang, tunggu sampai air rebusan tenang kembali artinya sudah tidak terlalu panas. Nah kalo sudah begitu baru dech cemplungkan baksonya. 

Mari kita lihat gimana cara saya bikin bakso :)

Bahan
400 gr daging ayam cincang (lemak seminimal mungkin)
80 gr tepung tapioka (atau sagu jika punya)
1 sdt garam halus
sedikit merica halus
sejumput (kira-kira 1/4 sdt baking powder)
1/2 sdt baking soda
1sdt gula pasir
1 sdt bawang putih bubuk (atau pake yg fresh juga lebih tajam, haluskan)
125 ml air es
1 butir telur

Kuah
2 liter air kaldu ayam (saya bikin sendiri kaldunya, resepnya akan saya tuliskan tersendiri)
Merica bubuk
Gula pasir
Garam
1 sdm kecap ikan (fish sauce)

Pelengkap
Mie telor 
Sayuran Hijau (bokcoy, dll)
Bawang goreng
Seledri cincang halus
Jeruk lemon
Sambel
Kecap manis
Saus Tomat
dll

Cara Membuat
1. Masukkan daging ayam ke Food Processor, nyalakan beberapa kali sampai daging ayam halus.
2. Tambahkan bumbu seperti telur, garam, merica, baking powder, baking soda, gula pasir. 
    Nyalakn sampai semua bumbu tercampur rata.
3. Tambahkan air es sedikit demi sedikit. Nyalakan FP sampai air es tercampur rata dan didapatkan 
    adonan daging ayam yang halus.
4. Terakhir masukkan tepung tapioka dan nayalakn FP lagi sampai tepung tapioka tercampur rata.
5. Didihkan air dipanci besar. Setelah mendidih turunkan panas pada level rendah/sedang.
    Tunggu sampai air tenang kembali.
6. Lalu bentuk bakso bulat menggunakan tangan atau dua sendok (silahkan yang mana yang 
   gampang, kalo saya lebih suka pake tangan selainbentuknya lebih bagus juga lebih asyiik belepotan
   hehe...)
7. Siapkan air es di baskom besar. 
8. Ketika bakso sudah terapung bearti bakso sudah matang. Angkat dna langsung cemplungkan di air 
    es di baskom.
9. Ketika bakso sudah benar-benar dingin, baru diangkat dari air es dan ditiriskan.
10. Kuah :
      a. Panaskan air kaldu sampai mendidih, lalu turunkan panas pada level rendah/sedang.
      b. Tumis bawang putih dan merica sampai harum, masukkan ke kuah, aduk rata.
      c. Tambahkan garam, kecap ikan dan sejumput gula.

11. Masukkan bakso ke kuah dan didihkan kembali menggunakan panas sedang saja.
12. Sajikan dengan pelengkap.





Popular Posts