Homemade Beef Burger




Cukup sering bikin menu ini, karena anak-anak suka dan bagi saya juga simpel bikinnya. Biasanya saya bikin burgernya agak banyak, nanti dibekukan. Saat-saat sibuk, gak punya banyak waktu unutk berdendang lama di dapur, maka menu ini salah satu pilihan. 

Roti tinggal beli yang tersedia dihampir semua toko grocery disini, fresh, masih hangat. Jenis rotinya kami lebih suka pake roti ciabata atau france bread (kalo disini disebut franska bröd). Teksturnya padat agak berat memang, khususnya buat anak-anak jika dibandingkan menggunakan roti khusus burger. Tapi justru itu yang bikin kami suka, mengeyangkan. 

Homemade burger ini tentu lebih sehat karena sayurannya beragam, colourful. Sengaja saya pilih berbagai jenis sayuran beraneka warna yang kira2 cocok untuk burger, seperti selada, paparika warna orange, tomat warna merah dan mentimun. Beef burgernyapun, saya goreng dengan sedikit minyak zaitun untuk mengurangi kadar lemak dan diolesi saus BBQ. 



Sumber resep : disini

Bahan
750 gr daging cincang 
1 bawang bombay
1 sdt oregano (fresh atau kering)
1 sdt dijon mustard (pasta)
1 butir telur
1/2 cup (35 gr) tepung panir 
1/3 cup (20 gr) keju parmesan parut
Garam (sesuai selera)
1/2 sdt cabe kering (jika ingin pedas)...ini saya skip kr anak-anak gak suka pedas
Satu batang seledri/daun ketumbar (optional)
Saus BBQ (siap beli)

Pelengkap
Roti ciabata/France bread/roti burger biasa
Paprika (buang biji dan bagian putih didalamnya, iris memanjang atau bulat bentuk ring)
lettuce/selada (cuci bersih dg air mengalir, tiriskan)
Tomat (iris bulat tipis)
Tomat (iris tipis)

Cara Membuat
1. Masukkan potongan besar bawang bombay dan daun ketumbar/seledri kedalam food Processor, nyalakan sampai bawang tercincang cukup halus (jangan terlalu halus).
2. Masukkan daging cincang, garam, dijon mustard, oregano, tepung panir, telur, keju parmesan. Nyalakan FP sampai semua bahan tercampur rata ke daging dan semua adonan menggumpal menjadi satu. Jika tidak menggunakan FB, uleni adonan sampai kalis.
3. Ambil adonan daging da.n bentuk menjadi burger, bulat pipih dg ukuran sesuai selera.
4. Simpan dikulkas min. 30 menit atau sampai pada tahap ini burger bisa langsung dibekukan jika untuk persediaan.
5. Goreng menggunakan api kecil diwajan khusus utk grill dengan menggunakan sedikit minyak zaitun. Setelah daging agak kering, olesi dengan saus BBQ, lanjutkan menggoreng sampai daging matang. Balik dan lakukan hal yang sama.
6. Penyajian : belah dua roti, letakkan selada, beef burger, tomat, mentimun dan paprika. 

Popular Posts