Donat kentang

https://drive.google.com/uc?export=view&id=11EYHS-mUS7OVCxajjBR8dbbRrHrdj55Hhttps://drive.google.com/uc?export=view&id=1w7X1tttjyQR9Rg97VdSHmPtu3qhS3gg2
Jagain Tasha yang sudah 10 hari dirumah karena batuk pilek. Cuaca diluar juga dingin tiap hari suhu pada kisaran -10 C. Bikin donut kentang ini untuk teman ngeteh yang agak berat. Saya tidak duka donut yang dijual diluar rumah medki tampilannya dan rasanya kata orang enak, kenapa? karena manisnya saya gak kuat. Sudah lebih dari 7 tahun ini saya mengurangi konsumsi gula. Ternyata setelah terbiasa yaa mulut saya jadi sensitif dengan gula. Cake yang dijual diluar rumah sfh hampir gak bisa saya kondumdi karena terlalu manis. Baking sendiri dirumah, biasanya takaran gula saya pake hanya separuh resep. 

Ya sudah saya kok malah curcol gak karuan 😄
Saya bagi resep donut yang enak dan bikinnya simpel, hanya saja karena proses oeragiannys dingin (tidak pake susu hangat) maka nungguinnya lama, semalaman. Saya bikin adonan kemarin sore dan didiamkan semalaman. 

Bahan
2 cup tepung protein tinggi (untuk bikin roti)
2 kuning telur
100 ml susu cair - suhu ruang
2 sdt ragi kering
1/3 sdt garam
2 sdm gula pasir
1 sdm susu bubuk
30 gr mentega - suhu ruang 
100 gr kentang kukus (haluskan)

Pembalur (campur rata): gula halus, 1 sdt gula vanili, 1 sdm dudu bubuk. 

Cara membuat

  1. Campur semua bahan kering. Aduk rata.
  2. Masukkan kentang halus dan kuning telur, aduk rata. 
  3. Masukkan mentega dan susu. Uleni sampai lembut dan kalis. Saya nguleni pake mesin lk. 15 menit. 
  4. Tutup dengan plastik wrap/ serbet kering dan bersih. Diamkan sampai adonan mengembang dan ukuran adonan menjadi dobel dan sangat elastis. Saya diamkan semalaman. 
  5. Bagi adonan bola2 kecil lk. 15 gr/adonan. 
  6. Diamkan 15 menit. 
  7. Pipihksn dan bolongin tengahnya. 
  8. Diamkan lk. 30 menit. 
  9. Goreng sampsi kedua sisi coklat keemasan, diminyak panas dg api sedang. 
  10. Jika sudah dinhin baru dibalur dengan bahan pembalur. 
  11. Siap disantap! 


Comments

Popular Posts