Samosa gulung






Persiapan untuk menu pembuka bulan Ramadhan tidak pernah ketinggalan samosa dan risoles. Biasanya saya bikin banyak, simpan dikulkas atau dibekukan, praktis...tak perlu refot bikin lagi dan lagi, apalagi disini puasa super panjang waktunya mencapai 20 jam. 


Samosa ada juga yang menyebutnya dengan samboksa, sambosa, sambusa, dsbnya. Tapi jenisnya sama saja, yaitu sejenis gorengan yang isinya gurih sengan bahan isian cukup bervariasi, misalnya kentang, wortel, peas, daging cincang, dsbnya. Tetapi khusus indian atau pakistani samosa biasanya bahan isiannya berupa sayuran dan kentang. Tapi kalau yang dari middle east atau afrika utara biasanya isiannya pake daging cincang. 

Kulit samosa menggunakan kulit pastry baik bikin sendiri ataupun siap beli. Bentuk samosa umumnya segitiga. 

Khusus buatan saya, isiannya menggunakan daging cincang, sayuran dan kentang. Bentuknyapun agak nyeleneh, yaitu gulung. saya pakai kulit pastry bernbentuk segtitiga yang saya beli dari Turkish grocery shop. Hasilnya jauh lebih enak ketimbang menggunakan kulit lumpia, menurut saya lho....:)

Bahan isian saya sesuaikan dengan kreatifitas saya.

Bahan
250 gr daging cincang
4 buah kentang rebus ukuran sedang (cincang kasar)
1 cup kacang polong
2 buah daun bawnag (iris-iris tipis)
2 sdm raisin (optional)


Kulit
Saya menggunakan kulit pastry siap beli (bentuk segitiga)
atau bisa mneggunakan kulit lumpia atau bikin sendiri.



Bumbu
3/4 sdt cumin bubuk
1 sdt bawnag putih dan jahe parut
2 buah cabe rawit hijau (iris tipis)
3/4 sdt garam masala
1/2 sdt cabe bubuk
1/2 sdt amchur (manga bubuk)
1/4 sdt kunyit bubuk
1 sdt anardana (biji delima kering)
daun ketumbar (cincang)
margarin (unutk menumis)
sedikit air kaldu


Cara Membuat
1. Panaskan margarin
2. Masukkan bawnag putih dan jahe parut, tumis sampai harum.
3. Masukkan bumbu lainnya, tumis untuk beberapa menit.
4. Masukkan daging cincang, tumis sampai kaku dan berubah warna.
5. Tuang air, tutup, kecilkan api sampai level rendah. Masak sampai daging masak dan empuk.
6. Masukkan kentang, kacang polong, daun bawang. Aduk rata. Masak sampai air habis dan agak kering.
7. Angkat dan dinginkan.




Penyajian
1. Ambil kulit pastry.
2. Letakkan 1-2 sdm adonan isi ditengah kulit pastry.
3. Gulung atau bentuk segitiga.
4. lem ujungnya menggunakan air.
5. Goreng sampai coklat keemasan menggunakan minyak banyak dan panas, gunakan api sedang.
6. ANgkat dan gilingkan diatas tissue dapur.
7. SAjikan hangat.









Comments

Popular Posts