Yogurt cake





Saya mencoba varian baru yogurt cake. Biasanya saya bikin Turkish Yogurt cake menggunakan semolina flour, sedangkan kali ini menggunakan tepung terigu biasa. Bikinnya simpel karena tidak perlu menggunakan mixer listrik tetapi cukup menggunakan mixer manual atau spatula biasa. mengaduknya asal nyampur saja. 

Resep asli nyontek dari sini hanya saja takaran gula saya kurangi banyak. Resep asli menggunakan 1 1/3 cup, saya kurangi menjadi 1 cup saja, dibagi 1/3 cup saya masukkan ke adonan dan sisanya untuk sirup. baking powder juga saya kurangi karena saya fikir 2 sdt kebanyakan mengingat takaran bahan lainnya sedikit. 

Cake ini salah satu favorit kami karena rasanya yang ada asem-asem dari sirup jeruk lemon, jadi gak eneg. Resep cukup untuk loyang loaf kecil saja. Edisi baking perdana ini saya pakein loyang loaf silikon, eeehh ternyata saat dipanggang loyangnya melar dibagian atas sebagai akibat adonan yang mengembang. Seharusnya pake loyang loaf dari kaleng atau teflon dech, biar bentuknya cantik. Ini bikinan saya melebar. Tapi rasanya enak kok.......cuma penampakan saja yang rada amburadul hehe :D


Bahan
1 1/2 cup tepung terigu multi pupepose
1 cup gula pasir
1 1/2 sdt baking powder
1 cup yogurt
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk
3 butir telur ukuran M/L (besar)
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
1/2 cup minyak goreng (saya pake canola oil)
1/3 cup jus jeruk lemon


Cara Membuat
1. Panaskan oven pada suhu 175 C dan atur rak pada bagian tengah.
2. Campur dan ayak bahan kering, sisihkan.
3. Aduk atau mixer dengan kecepatan sedang/rendah (jika menggunakan mixer listrik): 
    telur, gula (1/3 bagian), yogurt sampai tercampur rata.
4. Masukkan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata.
5. Masukkan bahan kering, aduk balik menggunakan spatula. Aduk dg hati-hati sampai rata (bisa juga diaduk menggunakan mixer listrik dg kecepatan paling rendah).
6. Tuang ke loyang dan panggang lk. 50 menit (cek menggunakan lidi, jika lidi kering maka bearti sudah matang, jika amsih basah lanjutkan memanggang lk. 10-15 menit sampai cake betul2 matang).
7. Sementara itu buat sirap dengan memasak gula dan jus jeruk lemon sampai gula larut), 
    angkat dan sisihkan.
8. Jika cake judah mating, angst dan diamkan lk. 10 menit.
9. Keluarkan cake dari luoyang dan siram dengan sirup sesendok demi sesendok 
    sampai rata dan terserap.
10. Sajikan dingin.


Popular Posts