SCONES




Sudah lama blog tidak diupdate karena berbagai kesibukan, ceritanya tahun baru 2017 mencoba keluar dari zona nyaman dengan mengerjakan sesuatu yang betul-betul baru dan cukup menyita waktu sehari-hari disamping kesibukan mengurus keluarga dan krucils yang smakin besar dan smakin kreatif serta ceriwis :D

Kegiatan baking juga nyaris terhenti total semenjak Keisha divonis över weight oleh dokter gizi dan suster sekolahnya. 3 bulan ikut rehabilitasi di Rumah Sakit, bertemu dokter, ahli gizi, dsb. Sayapun mulai berbenah dengan menu sehari-hari yang harus saya sajikan demi mensukseskan program diet Keisha dan pappa-nya. Sebab itulah baking untuk sementara saya hentikan dan menupun berubah drastis, lebih hijau alias banyak sayuran, konsumsi karbohidrat hanya separuh porsi, minimum daging merah dan lemak tentunya. Sebetulnya bisa saja saya teteup baking, hanya saja selama cake masih ada di dapur maka Keisha dan pappanya susah untuk tidak makan. Memang mereka berdua suka makan dan cenderung sulit mengontrol diri kalo sudah berhadapan dengan menu kesukaan mereka.

Kegiatan olahraga Keisha juga digiatkan. Alhamdulillah dengan kombinasi olahraga dan diet makan, hanya dalam waktu 2 bulan saja, Keisha sudah dinyatakan dokter dan ahli gizi bebas dari över weigth...horee..horeee...!!

Tapi eeiiitttsss...tunggu dulu :D saya tetap harus mengubah pola masak dan menu yang harus dihidangkan. Kalo tidak waahhhh...bisa-bisa Keisha harus berurusan dengan dokter dan ahli gizi lagi, repot!

Hobby baking saya tidak tersalurkan cukup lama. Ini kebetulan libur 4 hari (easter day) dan rasanya bolehlah sesekali baking sekedar menyalurkan hobby dan makan enak hehe.....meski tetep saya membatasi baking cake yang relatif lebih sehat.

Baiklah, kali ini saya posting resep scone. Roti khas asal Inggris yang sangat terkenal itu. Resep dan bahannya gampang serta cepat, jadi anak-anak tidak perlu menunggu lama hidangan sarapan tersaji.

Sumber resep saya ambil dari disini
hanya saja saya menggunakan bahan-bahan umum, karena resep asli glutenfri.

Yukkksss kita mulai....

Bahan

4 dl tepung all purpose
2 dl yogurt
2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
50 gr mentega (dingin/potong kecil-kecil)

Pelengkap
selai
keju

Cara Membuat:
1. Panaskan oven suhu 225 C dan atur rak pada bagian tengah.
2. CAmpur tepung, garam dan baking powder. Aduk rata.
3. Masukkan mentega dan yogurt. Uleni sampai rata.
4. Bulatkan dan giling setebal 1 cm.
5. Cetak dengan cetakan ring atau gunakan tangan juga bisa.
6. Panggang lk. 15 menit.
7. Ambil dari oven dan bungkus dengan serbet kering dan bersih.
8. Sajikan dengan cara dibelah dan dioles selai dan keju.
9. Yummy!


Comments

Popular Posts