Swedish Pancake (Svensk Pankaka)



Krucisl gak pernah bosan sarapan dengan namanya pancake. Biasanya kalo weekend mereka yang memutuskan mau sarapan apa. Jm'at sore kita belanja bareng semua keperluan apa yang mau dimasak mulai dari sarapan sampai makan malam. Hanya jawaban setiap ditanya, 'what will you have for breakfast tomorow ?' jawabanya gak jauh-jauh dari 'Waffel' atau 'pankaka' (pancake) dan 'smoothie' atau 'fried noodle' nyelip tuh sarapan ala orang Indonesia hihi....

Oce dech kali ini saya bikin pancake ala Swedish versi klasik. Bikin dan bahannya simpel saja. Rasanya juga plain atau sedikit asin. Disini untuk teman makan pancake ini ya lingon sylt, tapi tentu sah-sah saja kalo pengen dengan teman yang lain, seperti selai kacang, coklat, atau seperti saya lemon curd.

Penyajiannya juga sesuai dengan selera, bisa dioles selai dulu kemudian baru digulung, atau seperti saya, digulung kemudian ditaburi gula halus, lalu saat makan cocol dengan selai.....krucils jingkrak-jingkrak dan semangat banget bantuin :D.

Pancake ini juga bisa untuk makan malam atau makan siang, disajikan dengan gulai atau menu lainnya. Seperti saat saya hamil Keisha dulu, makanan saya hanya swedish pancake ini karena gak doyan nasi, kentang, jagung, roti ataupun karbohidrat lainnya. Waktu itu saya beli jadi...karena misoa gak tahu cara bikinnya dan saya gak bisa masuk dapur atau mencium bau dapur....hehe...mungkin karena itu ya anak saya doyan dan gak pernah bosan makan pancake? entahlah...:D

Sumber resep : disini

Bahan
2,5 dl tepung 
6 dl susu cair tawar
1 sdm mentega leleh
1/2 sdt garam halus
3 butir telur 

Pelengkap
Gula halus
Berbagai selai

Cara Membuat
1. Campur tepung dan garam, aduk rata.
2. Tuang susu sedikit demi sedikit sembari terus diaduk agar tidak menggumpal.
3. Masukkan telur, aduk sampai betul betul rata dan tidak ada gumpalan.
4. Masukkan mentega cair, aduk rata.
5. Diamkan lk. 30 menit.
6. Panaskan wajan teflon menggunakan api sedang, olesi sedikit dengan mentega cair. 
    Jika sudah panas, tuang lk. 3/4 dl adonan, balik jika sudah kecoklatan. Angkat dan gulung.
7. Sajikan hangat dengan pelengkap.


Comments

Popular Posts