Garlic Naan



Ini roti kesukaan saya, Naan. Biasanya kalo sedang menikmati masakan ala Asia Selatan, maka saya pilih Naan darpada chapatti, baik plain naan maupun garlic atau herb atau stuff naan. Enaakk....

Biasanya Naan disajikan buat sarapan tapi dirumah saya biasanya untuk makan siang atau makan malam. Dan akhir-akhir ini saya rajiin bikin roti karena ternyata si kecil Tasha lebih suka makan dengan roti ketimbang dengan nasi atau kentang seperti kakaknya. Jadilah saya rajiin bikin roti dan memang tidak ada yang bisa menandingi homemade roti, fresh dan makyus!

Bikin naan ini mudah saja, saya masukkan semua bahannya kedalam food processor, biarkan FP menguleni adonan untuk beberapa saat, ketika adonan sudah menyatu, matikan dan ambil, lalu uleni pake tangan sebentaarr saja lk 1 menit. Berhubung sekarang musim dingin, maka saya pake taktik jitu untuk menciptakan suhu hangat disekitar adonan roti biar cepat mengembang. caranya ? panaskan oven dg suhu maksimal lk. 5 menit, kemudian matikan panas dan masukkan adonan roti. Haislnya hanya butuh 20 menit saja, adonan roti sudah mengembang dua kali lipat. Jadi tak perlu risau dna menunggu lama.

Sumber resep : Fauzia Kithen Fun

Bahan
2 cup tepung all purpose
1 sdt ragi instant
1/4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
3 sdm minyak goreng
1/4 cup yogurt (suhu ruang/hangat)
1/2 cup susu cair tawar hangat

Bahan topping (opsional)
1/4 sdt bawnag putih press atau halus
2 sdm mentega leleh
2 sdm cincangan halus daun ketumbar
garam
merica bubuk

Cara Membuat
1. Masukkan bahan kering kedalam Food Processor, nyalakan sebentar.
2. Masukkan minyak dan yogurt, nyalakan sebentar sampai tercampur rata.
3. Masukkan susu hangat, nyalakan sampai adonan menggumpal menjadi satu.
4. ambil dan uleni sebentar dan bulatkan.
5. letakkan dimangkok dan tutup dengan serbet kering dan bersih.
6. Diamkan sampai adonan mengembang dua kali lipat.
7. ambil adonan dan kempeskan. Bagi menajdi 4 bagian.
8. Giling tipis lk.1/2 cm.
9. Panggang dg oven yng sudah dipanaskan dengan suhu 250 C, sampai terlihat 
    bintik2 kecoklatan dipermukaan roti (lk.5-7 menit). 
10. panas-panas olesi roti dengan bahan topping.
11. Bungkus roti dengan serbet kering dan bersih. sajikan segera.

Topping
Campur dan aduk rata semua bahan.

Comments

Popular Posts