Eid Adha Cake







Cake ini pesanan untuk pesta Eid disekolah suami. Berhubung diminta bikin cake yang cukup untuk 40-50 orang dan saya tidak punya loyang segede gitu, punyanya yang ukuran 38 x 25 x 7 cm. Saya bikin dua dengan konsekuensi kerjaan nambah..apa boleh buat. Waktunya mepet pet...saya juga harus persiapan ujian, tapi Alhamdulillah cake-nya jadi tepat satu jam sebelum acara dimulai..haha...:p

Saya bikin base cakenya sehari sebelumnya dan gak sempet dimasukkan freezer dulu biar gampang ngirisnya, tapi begitu dingin langsung saja saya eksekusi, dibelah dua pake pisau khusus untuk membelah cake. 




Awalnya saya pede banget kalo masih punya persediaan sugarpaste warna putih didapur, ternyata begitu mau dipake yang ada warna putih tinggal separuh dan yang full stock hanya warna biru tua...akhirnya ngacir saya ke toko hobby P*****o buat beli sugar paste warna yang saya butuhkan. Sampe di toko ternyata disana hanya tersedia marzipan. Nah lho apa bedanya marzipan dengan sugar paste ? kalo marzipan mengandung almond paste sedangkan sugarpaste tidak. Dan ternyata saat pengerjaan mengelola sugarpaste jauh lebih mudah daripada menggunakan marzipan. Marzipan sangat ringkih dan harus secepat mungkin saat diroll...karena kelamaan dikit jadi seperti meleleh dan lembek banget. Berulang kali saya ngeroll marzipan, begitu diangkat mau ditempelkan di cake..eehhh putus dan lembek serta seperti berkeringat. Duuhhh..hampir putus asa saya....akhirnya setelah dua tiga kali baru berhasil, itupun gak bisa rapi banget.

Berbeda dengan sugarpaste, karena adonannya relatif stabil saat diroll atau agak lama meski ada juga resikonya, yaitu cepat keras jika dibiarkan diudara terbuka agak lama. Tapi saya lebih suka menggunakan sugarpaste. Alasan lainnya, takut ada yang alergi kacang-kacangan. Jadi memang lebi aman menggunakan sugarpaste.

Belum lagi krucils yang senang banget kalo saya sibuk menghias cake. Mereka bahagiaa banget sebab mereka juga pasti ikutan sibuk khususnya Tasha yang hobby berat nguleni play dogh. Biasanya rebutan sama krucils perangkat dekor cake. Saat menutup cake dengan warna biru, saya punya ide untuk membiarkan mereka melukis cake suka-suka mereka. Menggunakan pena warna warna khusus untuk cake akhirnya Keisha asyiik melukis diatas cake. Hasilnya lumayan, cakenya jadi lebih berwarna dan menarik...cantik!





Untunglah Tasha gak ikutan ribut mau melukis juga, kalo gak bisa ancur itu cake haha.....
Melukis diatas cake harus extra hati-hati, tidak sama seperti melukis diatas kertas atau media keras lainnya. Cake sangat lembut, harus selembut mungkin saat menekan ujung pena. Syukurlah tidak lama saya kasih instruksi ke Keisha dan dia faham.
untuk Tasha, saya beri dia sugarpaste...asyiklah dia nguleni, ngeroll dan membentuk adonan tsb :D




Resep yang saya gunakan untuk membuat cake ini merupakan resep lama semua, kecuali resep untuk fillingnya, saya sedikit bereksperimen berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah resep fillingnya agak lembek. Saya tuliskan resep filling disini saja. Hasilnya agak keras dan ketika cake diiris maka cantik dengan lapisan merah jambu. 

Resep base cake bisa dilihat disini : Base Cake 
Saya menggunakan loyang segiempat ukuran 38x25x7 cm menggunakan resep untuk 16 potong. Hasilnya cake dnegan tinggi lk. 7-8 cm.

Resep filling : Strawberry mousse
200 gr strawberry segar
100 gr cream cheese (saya pake kesella)
1 dl gula halus
1 sdm agar-agar bubuk (warna transparan atau pink)
2 dl whipped cream
1 dl gula pasir (Takaran gula silahkan sesuaikan selera)
1/3 dl air

Cara Membuat
1. Haluskan strawberry dan air (atau bisa juga dicincang halus).
2. Campur strawberry yang sudah dihaluskan dengan agar-agar bubuk, gula pasir. 
3. Masak menggunakan api sedang sampai mendidih, jangan lupa selama memasak agar terus diaduk.
4. Angkat dan diamkam sampai hangat.
5. Sementara itu kocok whipped cream dan gula halus sampai kaku dan campur dan aduk rata cream
    cheese dan gula.
6. Masukkan kedalam adonan agar-agar dan asuk rata.
7. Masukkan kedalam kulkas untuk lk. 1 jam sampai adonan kental.
8. Siap digunakan.



Untuk frosting saya menggunakan butter cream, resepnya silahkan diklik disini : Butter cream

Sentuhan akhir, cake saya tutup menggunakan sugarpaste dan marzipan. Silahkan dihias sesuai kreasi masing-masing. Saya bikin cake bentuk Kabah karena cake ini untuk perayaan Idul Adha dan yang lainnya hanya saya hias dengan bentuk kubah masjid warna putih untuk media melukis Keisha.




Popular Posts