Pakistani Nargisi Kofta Curry



Olahan daging kambing cincang lagi nih....kalo orang Indonesia populer dengan bakso daging sapi. Nah yang ini pake daging kambing cincang pake isian telur rebus, tapi gak pake isian juga gak apa-apa. Mungkin akan cantik kalo pake telur puyuh, karena pake telur ayam jadinya jumbo. Hanya saja susah nyari telur puyuh disini. Meski saya sudah beli telur ukuran kecil (S) tetep aja gede-gede. Tapi ketika disajikan, saya belah dua gitu, malah cantik kelihatannya. 

Rasanya? jangan tanya dech resep olahan daging kambing orang Asia Selatan..pasti makyus. Makanya saya selalu memasak daging kambing menggunakan resep orang sana, suami suka bahkan anak-anak saya juga sudah mulai ketagihan makan daging kambing :D

Daging kambing cincangnya bisa kok diganti dengan daging sapi cincang atau daging ayam cincang juga teteup enak. 

Nah ini kan udah deket lebaran korban kan ? mari kalo bingung mau dimasak apa daging kambingnya atau sekedar menyiapkan menu spesial beda buat keluarga dan handan taulan atau tamunya...silahken :)

Oh ya, kalo bisa pake daging yang seminimal mungkin kadar lemaknya, agar ketika digoreng dan dimasak tidak pecah. Ini berhubung saya pake daging cincang siap pakai, kadar lemaknya tinggi, makanya ketika digoreng, berlubang-lubang sehingga telurnya didalamnya kelihatan, karena lemaknya larut bersama minyak panas. Sebetulnya gak apa-apa juga sich, hanya kurang cantik aja.....

Sumber resep : disini

Bahan

Kofta
500 gr daging kambing cincang (satu paket)
5 -6 butir telur ayam (rebus sampai keras) dan kupas kulitnya.
1 1/2 cup (lk. 150 gr) tepung panir/tepung roti
1 butir telur
1 buah bawang bombay
2 sdt jahe parut
2 sdt bawang putih parut
1 sdt cabe bubuk
2 sdt garam masala
1/2 sdt lada bubuk
Garam (sesuai selera)

Kuah
2 buah bawang bombay uk. besar (cincang halus)
2 sdt jahe parut
2 sdt bawnag putih parut
1/2 kaleng tomat cincang 
1 sdt cabe bubuk (atau sesuai selera)
1 1/2 sdt garam masala
1 sdt curry bubuk (siap beli)
1 cup (lk. 50 ml) air kaldu
1/4 cup plain yogurt (untuk pengental)
1 sdt gula (utk menekan rasa asam dari tomat)
Garam
Daun ketumbar (cincang kasar) (Optional)
2 sdm tomat puree

Cara Membuat

Kofta
1. Rebus telur, kupas dan dinginkan.
2. Masukkan bawang bombay ke Food Processor, nayalakn beberapa detik sampai tomat 
    terpotong-potong kecil.
3. Masukkan daging dan sisa bahan kofta lainnya.
4. Nyalakan FP sampai semua bahan tercampur rata.



5. Ambil Adonana daging, pipihkan ditelapak tangan. Letakkan sebutir telur ditengahnya,
    tutup dengan adonan daging sampai telur tertutup sempurna dengan adonan daging.
6. Lakukan untuk semua adonan dan telur.
7. Bisa juga tanpa isian, cukup dibulatkan.
8. Diamkan kofta dikulkas lk. 30 menit.


9. Jika sudah, ambil dari kulkas dan goreng rendam dengan minyak yang sudah betul betul panas.
10. Goreng sampai daging berubah warna lk. 20-30 detik saja. 



11. Gulingkan diatas kertas tissue dapur untuk mengurangi kelebihan minyak.
12. Sisihkan.

Kuah
1. Panaskan minyak dan goreng bawang bombay sampai lembut dan wangi.
2. Masukkan jahe dan bawang putih, Tumis sampai wangi lk. 1 menit.
3. Masukkan tomat puree dan tomat kaleng, serta bumbu halus lainnya.
   Tumis sampai tomat masak lk. 15 menit.
4. Masukkan air kaldu, aduk rata dan didihkan.
5. Masukkan yogurt dan kofta, aduk rata.
6. Kecilkan api pada level rendah. Tutup panci dan masak sampai kofta matang serta kuah 
    menyusut dan kental (lk. 30-40 menit).
7. Angkat dan beri cincangan daun ketumbar aduk. atau bisa juga daun ketumbarnya untuk garnis.
8. Sajikan hangat.




Popular Posts