Swedish Söckerkaka



Cake ini bagus untuk pemula yang baru belajar baking, selain bahannya sederhana, cara bikinnyapun simpel. Bahan yang dipakai merupakan bahan dasar dalam ilmu perbakingan. Sekali sukses membuat cake ini, maka bisa membuat berbagai cake lainnya, maksudku cake ini bisa divariasi dengan berbagai rasa, rasa buah? maka tinggal ganti saja susu dengan jus kesukaannya, pengen dengan rasa cheese? tambahkan cream cheese, tambahkan buah berries, dan bisa dikasih frosting sesuai selera. Pun begitu juga jika pengen bikin cake buat ultah atau anniversy lainnya, maka tinggal dikasih filling dan didekorasi sesuai keinginan. 
Dengan begitu banyak yang bisa dikerjakan hanya dengan satu resep ini, bukankah sudah selesai masalah bikin cake ? tak iye ?? hehe....

Söckerkaka ini dalam bahas swedia, artinya söcker itu gula dan kaka artinya cake, jadi secara harfiah artinya cake gula. Karena dalam resep asli menggunakan mayan banyak gula dan rasanya legit banget. Saya kalo baking cake ini, takaran gula saya kurangi 1/2 dl...rasanya pas menurut selera kami dirumah. Cocok banget untuk teman minum teh atau menjamu tamu dadakan, karena bikinnya super cepat.
Kalo di Indonesia, mungkin disebut cake bolu kali yaa.....?

Sumber resep saya ambil dari resepnya Chef Swedia favorit saya  Leila Lindholm : disini.

Oh ya resep asli menggunakan 1/2 resep yang saya tulis ini. Karena saya pengen bikin cake yang agak besar, buat hantaran kerumah seorang teman yang mengundang kami makan malam....biar cukup buat dua keluarga besar. Dan tentu dengan sedikit modifikasi, seperti pemakaian gula dan baking powder saya kurangi takarannya, hasilnya bagus kok...enak, dimakan dengan plain atau vanili yogurt atau disiram saus strawberry dan teh panas tentunya. Selamat mencoba...:)

Takaran 1 dl kira-kira 80 gram



Bahan
6 butir telur (suhu ruang)
4 1/2 dl gula pasir butiran halus
2 dl susu tawar cair (suhu ruang)
3 sdt baking powder
100 gr mentega tawar (lelehkan dan biarkan sampai mencapai suhu ruang)
sejumput garam
7 dl tepung all purpose
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat
1. Panaskan oven pada suhu 175 C dan tata rak pada bagian tengah.
2. Siapkan loyang tulban 8atau loyang bulat biasa, jika untuk membuat cake ultah atau cake untuk didekorasi). Olesi dengan mentega dan dust dengan tepung atau kelapa parut kering.
3. Ayak tepung bersama garam dan baking powder, sisihkan.
4. Dimangkok terpisah, kocok telur, gula dan vanili bubuk sampai pucat dan kental.
5. Tambahkan mentega leleh dan susu, aduk rata.
6. Masukkan sedikit demi sedikit tepung sembari terus dikocok. Kocok sampai benar-benar rata (gunakan mixer berkecepatan paling rendah).
7. Tuang kedalam cetakan dan panggang sampai matang lk. 50 menit. Cek dengan tusuk gigi atau lidi, jika sudah tidak lengket lagi/bersih maka cake sudah matang. Jika tidak teruskan memanggang untuk beberapa menit lagi.
8. Jika sudah matang, keluarkan dari oven dan biarkan beberapa menit dirak pendingin.
9. Keluarkan dari loyang dan siap dihidangkan hangat ataupun pada suhu ruang.



Popular Posts